Home » » Kunci utama menggambar 3D solid di AutoCAD.

Kunci utama menggambar 3D solid di AutoCAD.

Kunci utama menggambar 3D solid di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,terkadang kita sering membicarakan kalau gambar didalam AutoCAD itu ada gambar 2D dan juga 3D,secara otomatis pikiran kita ketika berbicara gambar 3D di AutoCAD maka yang dimaksud adalah 3D solid.

Ada juga sebagian kalangan yang menyatakan bahwa belajar AutoCAD itu sulit,AutoCAD 2D saja sulit,terlebih jika kita belajar AutoCAD 3D,padahal jika kita mengetahui kunci utamanya menggambar 3D solid di AutoCAD maka akan mempermudah kita dalam menggambar 3D solid.

Lalu apa yang menjadi kunci utama dalam menggambar benda 3D Solid di AutoCAD...?


Polyline kunci utama menggambar 3D Solid.

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya salah satu ciri dari gambar 3D solid dalam AutoCAD adalah apabila didalam benda / objek tersebut memiliki daging ketabalan tertentu,sementara jika sebuah benda /objek yang tidak memiliki isi ketebalan maka dinamakan 3D surface.

Nah untuk mendapatkan daging isi dari objek tersebut maka kita memerlukan yang namanya polyline,mengapa dalam membuat benda 3D solid di dalam AutoCAD itu selalu menggunakan perintah polyline,,,? Berikut kira – kira penjelasanya.

Setelah kita menggambar sebuah sketsa yang masih berupa objek 2D dan sketsa tersebut masih berbentuk line ( terpisah antara satu garis dengan yang lain ) bukan berbentuk polyline ( sudah menyatu menjadi satu kesatuan ) pada saat kita melakukan penebalan dengan menggunakan perintah extrude maka hasil dari extrude tersebut hanya berupa lembaran saja sesuai dengan bentuk sketsanya,inilah yang disebut dengan surface,tapi jika kita menggunakan sketsa yang sudah menjadi polyline hasil extrude kita akan berbentuk 3D Solid.

Cara membuat Polyline di AutoCAD.

Jika memang polyline merupakan kunci utama dalam menggambar benda 3D solid maka kita perlu mengetahui secara detail dan lengkap bagaimana cara membuat agar sebuah sketsa objek bisa menjadi bentuk polyline,artinya adalah bagaimana cara membuat sebuah objek yang semula masih terpisah satu dengan yang lain alias masih line,mejadi sebuah kesatuan alias polyline tersebut.
  • Metode default adalah sebuah cara membuat sketsa ( objek 2D ) dengan perintah asli yakni Polyline ( PLINE ),sehingga objek gambar yang dihasilkan oleh perintah tersebut sudah pasti akan berbentuk polyline,dengan syarat gambar kita tersebut membentuk satu kesatuan dan juga saling terhubung satu dengan yang lain tanpa adanya celah kosong yang belum tersambung.
  • Metode otomatis,artinya ada beberapa tool atau perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk membuat objek 2D yang sudah pasti akan menghasilkan objek dalam format polyline,perintah perintah tersebut adalah : rectangle,circle,polygon,ellipse,spline,revcloud.

Dengan menggunakan perintah perintah diatas maka sudah otomatis juga gambar yang dihasilkan sudah berupa polyline dengan catatan belum dilakukan editing misalnya explode,trim.
  • Metode joint yaitu sebuah proses penggabungan beberapa objek garis menjadi sebuah polyline,sementara metode joint untuk menggabungkan objek 2D ini ada 3 cara yakni :

  1. Region
  2. Joint
  3. Polyline edit ( PE ).

Untuk lebih jelasnya metode joint ini silahkan rekan AutoCAD semua kunjungi tulisan saya yang terdahulu dengan judul kupas tuntas perintah joint,region dan PE.semoga membantu.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:39 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST