Mengenal proses sandblasting. - AUTOCAD TANGERANG

Mengenal proses sandblasting.

Thursday, November 5, 2015

Mengenal proses sandblasting.

Mengenal proses sandblasting.

Rekan AutoCAD Tangerang,kali ini saya ingin berbagi cerita yang lumayan melenceng dari biasanya,kalau normalnya blog ini berisi tentang tutorial AutoCAD,untuk episode ini saya mengajak rekan semua untuk mengenal proses sandblasting.

Awalnya saya tidak tertarik untuk membicarakan masalah proses sandblasting,tapi karena ada sebuah kejadian diperusahaan saya yang mengharuskan salah satu mold ( cetakan ) untuk di proses sandblasting maka saya tergelitik untuk membuat tulisan ini.

Pengertian proses sandblasting.

Sandblasting adalah suatu proses pembersihan permukaan dengan cara menembakkan partikel (pasir) ke suatu permukaan material sehingga menimbulkan gesekan atau tumbukan, kemudian permukaan tersebut akan menjadi bersih dan kasar,dengan tingkat kekasarannya bisa disesuakan juga dengan ukuran pasir serta tekanannya.

Dari tumbukan dan gesekan partikel dalam hal ini pasir maka akan menghasilkan kekasaran tertentu pada permukaan objek misalnya material plate S45C,alumunium casting,steel casting dsb.
Mengenal proses sandblasting.
Mengenal proses sandblasting.

Keuntungan menggunakan proses sandblasting.

Lalu kenapa sandblasting dipilih? Karena metode ini juga bisa sekaligus membersihkan permukaan material yang terkontaminasi oleh berbagai kotoran, seperti karat, garam, jamur dan korosi.

“Sandblasting juga bisa membuat permukaan lebih kasar, sehingga cat baru dapat melekat lebih baik,”

sandblasting:
1.    Membersihkan material besi / logam yang terkontaminasi karat dan lainnya
2.    Mengupas cat lama yang sudah rusak atau pudar
3.    Membuat profil (kekasaran) pada permukaan metal, sehingga cat lebih melekat


Demikian cerita singkat saya tentang proses sandblasting,jika ada kesempatan saya akan mencoba mengulas tentang proses sandblasting ini lebih jauh dan jelas lagi,terima kasih.
bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.