Home » » Pengertian dan fungsi gambar teknik.

Pengertian dan fungsi gambar teknik.

Pengertian dan fungsi gambar teknik.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kita tentu sudah tidak asing lagi dengan gambar teknik,baik itu gambar sipil,engineering,arsitek dsb.tapi kita mungkin masih bingung atau belum faham tentang pengertian dan  fungsi gambar teknik itu sendiri,untuk saya ingin mengajak rekan semua mengulasnya.

Banyak cara manusia menyampaikan semua pemikirannya atau maksudnya baik secara lisan (suara) yang bersifat abstrak maupun lewat sebuah alat atau berupa visual (gambar atau tulisan).

Sejak dahulu kala gambar sudah dipakai untuk berkomunikasi antar individu manusia dan sampai sekarang cara berkomunikasi dengan gambar ini masih dipakai bahkan dikembangkan dengan diterapkannya sebagai standar komunikasi orang-orang teknik.
Pengertian dan fungsi gambar teknik.
Pengertian dan fungsi gambar teknik.

Pengertian gambar teknik.

Sebuah gambar adalah suatu bentuk goresan yang sangat jelas dari benda nyata, ide atau rencana yang diusulkan untuk pembuatan atau konstruksi selanjutnya.

Gambar mungkin berbentuk banyak, tetapi metode membuat gambar yang sangat jelas adalah sebuah bentuk alami dasar dari komunikasi ide-ide yang umum.,Pada dunia keteknikan gambar yang berkaitan dengan keteknikan inilah yang dinamakan dengan gambar teknik.

Jadi gambar teknik bisa juga di istilahkan dengan gambar yang bersifat tegas, terdiri dari garis-garis, simbol-simbol serta tulisan tegak yang telah disepakati atau mempunyai standar tertentu.

"Jadi kesimpulanya dari pengertian gambar teknik adalah Gambar Teknik merupakan suatu bentuk ungkapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistim, proses, cara kerja, konstruksi, diagram, rangkaian dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk gambar, atau lukisan teknis."

Fungsi dan tujuan gambar teknik.

Setiap gambar itu memiliki maksud dan tujuan masing-masing,tapi dimana setiap gambar itu akan berbeda fungsi dan tujuan ,tetapi secara garis besar,fungsi dan tujuan gambar teknik adalah sbb:

  • Penyampaian Informasi.
  • Penyimpanan dan penggunaan keterangan (data teknis).
  • Cara-cara pemikiran (perencanaan) data penyiapan informasi.

”Jadi fungsi gambar yang sangat mendasar adalah sebagai sebuah alat untuk menyatakan maksud atau pemikiran dari seseorang. Oleh karena gambar sering dipakai sebagai alat komunikasi yang pokok di kalangan orang-orang teknik maka gambar disebut sebagai bahasa teknik atau bahasa untuk sarjana teknik”.

Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga merupakan “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif.

Dalam penyampaian informasi dengan lisan (suara), kalimat yang pendek, ringkas dan jelas harus mewakili semua yang ingin dikemukakan oleh pembicara, sehingga pendengar akan mudah mengerti dengan apa yang dimaksud oleh pembicara.

Begitu pun dalam penyampaian informasi dengan gambar (visual), informasi yang ringkas, lengkap dan mudah dimengerti oleh pembaca. Dalam gambar informasi-informasi yang ingin diutarakan diberikan dengan lambang-lambang tertentu. Maka dari itu dibuatlah standar lambang-lambang yang digunakan secara umum agar semua kalangan pembaca, dari manapun orang itu berasal akan mengerti dengan apa yang diutarakan penulis.

“Penyampaian informasi dengan gambar harus sesingkat-singkatnya, selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya. Penyampaian informasi dengan gambar banyak memakai simbol-simbol standar, maka penting bagi penulis maupun pembaca agar mengetahui dan memahami apa maksud dari lamabang-lambang yang tertera”.


Tujuan penggunaan gambar teknik adalah untuk menterjemahkan gambar desain menjadi gambar terukur sehingga dapat dipahami orang lain, terutama oleh pelaksana, bagian produksi, menghitung biaya, penggunaan material dan lain sebagainya.

Demikianlah secara singkat pengertian fungsi dan tujuan dari gambar teknik,semoga bermanfaat untuk diri saya pribadi maupun rekan AutoCAD Tangerang semua.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:59 PM

10 comments:

  1. nggak semua orang bisa membaca gambar teknik ya mas.perlu belajar dulu cara bacanya.soalnya saya sendiri juga pernah mencoba baca gambar teknik perencanaan bangunan malah bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...ya itulah mas yanto,ada nilai keunggulan dan kekurangan dari setiap individu,asal jangan dijadikan bahan sombong,tapi menjadi modal lebih kuat dan sukses atas semua kelebihan dan kekurangan tersebut

      Delete
    2. itu pointnya mas.tidak sombong,karena sebanyak apapun kelebihan ttp memiliki kekurangan begitu juga sebaliknya

      Delete
  2. jadi lebih jelas apa itu gambar teknik dan kegunaannya

    ReplyDelete
  3. kalau saya lihat gambar begituan langsung diwarnai, biar bagus wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah apa,,jeung tika liat gambar begituan langsung di ikutin...hadewh..

      Delete
  4. Sangat bagus gan, semoga bisa dilengkapi dengan penjelasan tentang materi lanjutan gambar teknik.
    http://muhammadhafiz0512.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih,insya allah next saya lanjutkan

      Delete

RECENT POST