Home » » Bersiap belajar Autodesk Revit Architecture.

Bersiap belajar Autodesk Revit Architecture.

Bersiap belajar Autodesk Revit Architecture.

Bersiap Belajar Autodesk Revit Architecture,kali ini saya ingin menceritakan keinginan,cita-cita atau istilahnya harapan yang ingin saya lakukan dan juga ingin saya dapatkan pada tahun 2016 esok,kan sudah mendekati penghujung tahun 2015,jadi kita perlu untuk menyiapkan proyek-proyek tahun depan.

Secara pribadi dalam ilmu tarik menarik garis yang selama ini sudah saya geluti,saya memang sudah terbiasa menggunakan AutoCAD umum,dan mungkin sudah cukup untuk mengatasi kendala pekerjaan saya sehari-hari sekarang,tapi tidak ada salahnya kan kalau saya ingin belajar software lainya..?

Pilihan saya jatuh pada software atau aplikasi ini,ya Autodesk revit architecture yang akan menjadi next destination saya,selain faktor internal dan cenderung jaga-jaga jika nanti diperlukan,maksud saya mempelajari ini adalah niat untuk mendapat pahala dari Allah SWT. Amiiin
Bersiap belajar Autodesk Revit Architecture.
Bersiap belajar Autodesk Revit Architecture.

Sekilas tentang Autodesk Revit Architecture.

Revit Architecture merupakan aplikasi building information modeling (BIM). Aplikasi BIM lebih dari sekedar aplikasi 3D modeling. Jika anda bekerja dengan model 3D, anda hanya dapat menggunakannya untuk visualisasi. Sementara dengan BIM, anda dapat melakukan jauh lebih banyak.

Berbeda dengan AutoCAD yang merupakan aplikasi CAD untuk umum, aplikasi BIM didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. Secara ringkas, BIM dapat diartikan anda membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan. Sama seperti halnya jika anda membangun bangunan sesungguhnya, anda juga melakukan hal yang sama di Revit.

Karena anda membuat model bangunan sesungguhnya, anda dapat mengambil data apapun yang anda butuhkan dari model tersebut. Denah, tampak, potongan, schedule (bill of quantity) adalah sebagian dari data yang dapat anda gunakan. Lebih jauh, anda dapat menampilkannya dalam color fill, perspektif 3D, raytraced image (atau rendering), detailed drawing, dan hampir semua yang anda butuhkan dalam mendesain bangunan. 

Revit juga mendukung penggunaan aplikasi analisis seperti analisis struktur, analisis green building, heat load (beban pendingin/pemanas ruangan), dan berbagai analisis lain. Pendeknya, sebelum anda membuat bangunan sesungguhnya, anda dapat menganalisanya terlebih dahulu dengan membuat model Revit! Karena Revit Architecture memang didesain untuk arsitek, anda dapat bekerja seperti yang biasa dilakukan arsitek. Termasuk cara konvensional, yaitu dengan mendesain layout denah.

Meski anda bekerja dengan cara konvensional 2D, anda akan langsung memperoleh model 3D. Dengan demikian, anda dapat melihatnya sebagai tampak. Anda juga dapat mendefenisikan garis potong untuk memperoleh gambar potongan. Semua hanya dilakukan dalam satu kali kerja.

Data lain yang akan sangat berguna bagi anda adalah schedule. Revit dapat menghitung objek-objek arsitektur yang anda letakkan di model anda. Anda dapat mengetahui berapa volume dinding, jumlah pintu dan jendela, tanpa harus menghitungnya secara manual.

Yang paling menyenangkan, anda dapat melihat bangunan anda dalam bentuk perspektif dari sudut manapun. Anda cukup mendefenisikan posisi kamera anda. Hal ini akan sangat menyenangkan bagi desainer dan pemilik proyek. Pemilik proyek dapat lebih mudah memahami maksud desainer dengan melihat model 3D. Tentunya jauh lebih mudah dipahami daripada melihat gambar denah saja.
Sumber : Edwin Prakoso ( tentang CAD )
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:08 AM

4 comments:

  1. semoga cita2 untuk mahir belajar Autodesk Revit Architecture ini bisa segera tercapai mas.
    amiin

    ReplyDelete
  2. ntar denger matangnya aja ya mas.. pelajaran berat bagiku xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadewh..yang satu ini malah pengenya yang mateng doank...hehehe..mudah2an belajar Autodesk revit architecture ini bukan pelajaran berat ya mbak

      Delete

RECENT POST