Home » » Cara membuat viewport AutoCAD.

Cara membuat viewport AutoCAD.


Cara membuat viewport AutoCAD.

Rekan AutoCAD tangerang semua,cara membuat viewport AutoCAD kali ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang viewport,scale viewport dan fungsi viewport dalam AutoCAD.


Keberadaan viewport dalam dunia gambar AutoCAD memang sangat krusial,terutama bagi mereka yang memiliki kecenderungan bekerja menggunakan tab layout,misalnya drafter AutoCAD,meski tidak semua drafter AutoCAD selalu menggunakan tab layout.

Viewport dan layout AutoCAD.

Sebalum kita membahas tentang bagaimana cara membuat viewport dalam AutoCAD,sejenak kita buka kembali tentang apa kaitanya antara viewport dan layout dalam AutoCAD.

Viewport adalah sebuah area atau wilayah tertentu yang sudah kita buat pada tab layout dengan tujuan untuk menampilkan objek gambar yang sebelumnya telah kita buat pada tab model.

Jadi bisa kita rampas kesimpulan bahwasanya layout dan viewport adalah dua proses yang saling melengkapi,karena tanpa adanya viewport maka fungsi atau kinerja layout tidak akan maksimal,begitupun dengan viewport,bahkan tidak bisa berfungsi jika tidak ada layout.

Jika memang begitu keadaanya maka sekarang jelas permasalahanya bahwa sangat penting untuk bisa membuat sebuah viewport dalam proses kerja menggunakan AutoCAD wabil khusus ketika bekerja pada tab layout..hmmmm

Tutorial cara membuat viewport.

Viewport juga bisa di istilahkan dengan multiview dalam AutoCAD,artinya ketika pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara membuat viewport itu sama dengan mengajukan pertanyaan bagaimana cara membuat multivew dalam AutoCAD.

Baiklah kalau begitu,kita cukupkan saja basa-basi dan cuap-cuap kita tentang viewport ( multiview ) dan tab layout,mendingan kita bersegera menuju sasaran yakni cara membuat viewport dalam AutoCAD.

  • Buatalah sebuah atau beberapa drawing pada tab model.
  • Buka tab loyout misalnya layout 1.
Cara membuat viewport AutoCAD.
Cara membuat viewport AutoCAD.

  • Maka akan terlihat sebuah rectangle dan gambar yang sebelumnya kita buat pada tab model,padahal ini sudah merupakan viewport.
  • Klik dan hapus saja rectangle tersebut karena belum tentu sesuai dengan keinginan kita.
  • Kemudian masukan perintah MV ( multiview ).
  • Buatlah area seperti kita membuat rectangle.
Cara membuat viewport AutoCAD.
Cara membuat viewport AutoCAD.

  • Selesai.

Jika memang rekan semua ingin multiview ( viewport ) kita sesuai dengan ukuran yang kita inginkan maka sebaiknya kita membuat viewport dengan metode object ( obyek ).

Simak seri viewport selanjutnya : cara membuat viewport bentuk lingkaran.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:58 PM

1 comments:

  1. PT. Sarana Solusindo Informatika adalah Partner Autodesk Indonesia yang beralamat di Kedoya Elok Plaza Blok DC-50 Jl. Panjang, Jakarta Barat 11520 Jakarta - Indonesia.

    Berikut beberapa type Autodesk AutoCad 2017 yang kami rekomendasikan untuk anda diantaranya;
    1. Jual AutoDesk AutoCad 2017
    2. Jual AutoDesk AutoCad Lt 2017
    3. Jual AutoDesk Maintenance Subscription 2016
    4. Jual BIM for Building
    5. Jual BIM For Infrastructure


    PT. Optima Solusindo Informatika adalah Authorised Distributor Autodesk Indonesia yang beralamat di Kedoya Elok Plaza Blok DC-50 Jl. Panjang, Jakarta Barat 11520 Jakarta - Indonesia, ingin menginformasikan Feature dan Keunggulan Autodesk AutoCad, sebagai Software Desain Pemodelan Grafik yang harus anda coba.

    Berikut beberapa type Autodesk AutoCad yang kami rekomendasikan untuk anda ;
    1. Autodesk AutoCad 2017
    2. Autodesk AutoCad Lt 2017
    3. Autodesk Maintenance Subscription


    Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Autodesk AutoCad hubungi kami sekarang juga di sebagai Authorised Distributor Autodesk Indonesia Terima Kasih.

    ReplyDelete

RECENT POST