Home » » Tampilan klasik pada AutoCAD.

Tampilan klasik pada AutoCAD.

Tampilan klasik pada AutoCAD.

Bagi rekan AutoCAD Tangerang yang mengenal AutoCAD pada versi lawas atawa orde lama,yakni kisaran tahun 2000 sampai AutoCAD 2014 tentu sangat mengenal dan akrab dengan tampilan AutoCAD classic.

Keberadaan AutoCAD klasik pada tahun sebelum 2009 memang merupakan tampilan default atau dasar alias tampilan yang tidak perlu dirubah pasca install,sehingga semua AutoCAD pada masa itu otomatis sudah AutoCAD klasik.

Ribbon panel.

ribbon panel pada AutoCAD.
ribbon panel pada AutoCAD.

Pada rilis dan versi AutoCAD tahun 2009,Autodesk selaku dalang dari aplikasi AutoCAD mengenalkan sebuah tampilan baru yang diberi nama ribbon panel.
Seperti yang pernah saya tuliskan pada blog AutoCAD Tangerang ini tentang fenomena ribbon panel,sedikit mengingat kembali bahwa ribbon panel adalah panel / papan yang berisi toolbar yang telah terkumpul menjadi satu dalam berbagai kategori masing-masing.

beberapa kategori ribbon panel  pada autocad 2010 terdiri atas kategori panel Home, Insert, Annotate, parametric, View, Manage, Output, dan Express Tools.

Dengan Panel ribbon anda akan lebih cepat dan effisien mengakses perintah selain dengan shortcut yang anda kuasai. Ribbon panel juga mempermudah anda yang masih awam berkenalan dengan autocad, sehingga jika anda tidak hafal salah satu shortcut autocad.

AutoCAD Classic.


Tampilan klasik pada AutoCAD.
Tampilan klasik pada AutoCAD.
Setiap orang memerlukan waktu adaptasi yang berbeda-beda,begitu juga dengan adaptasi penggunaan ribbon panel di AutoCAD,maka dari itu sekali lagi inilah hebatnya Autdesk selaku perancang aplikasi AutoCAD untuk tidak serta merta membuang atau menghapus keberadaan AutoCAD klasik dari markas AutoCAD demi mengganti dengan yang baru yakni ribbon panel.

Masa transisi pengguna AutoCAD klasik untuk beradaptasi dengan ribbon panel itu diberi tenggat oleh Autodesk sampai tahun 2014,nah setelah AutoCAD rilis pada tahun 2015 keberadaan AutoCAD classic sudah tidak ditemukan lagi.

Hmmm sedih memang harus berpisah dengan AutoCAD tampilan klasik,kebersamaan saya dengan dia sudah saya mulai dari tahun 2004,tapi saya harus bangkit,meminjam istilah anak gaul sekarang saya harus move on,untuk segera menerima dan segera beradaptasi dengan kawan baru bernama ribbon panel tersebut.
Sempat panik sich ketika akan melakukan settingan pada workspace kok tidak terlihat tulisan AutoCAD classic disana,ini untuk tahun 2015 dan 2016 lho,kebetulan saya baru install.

Setelah sebentar bermeditasi untuk memusatkan ilmu-ilmu kanuragan dan beberapa aliran tenaga dalam yang saya miliki,ternyata AutoCAD klasik tidaklah hilang selamanya dari AutoCAD,hanya kita perlu untuk sedikit berjuang dan konsentrasi mengembalikan sang klasik tersebut.

Untuk lebih jelas dan detailnya silahkan mampir ke tulisan saya tentang cara merubah AutoCAD 2015 menjadi AutoCAD Classic.

See you.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:49 PM

1 comments:

  1. Gan dengan autocad bisa bikin gambar pesawat gaa

    ReplyDelete

RECENT POST