Home » » Kunci sukses belajar AutoCAD untuk pemula.

Kunci sukses belajar AutoCAD untuk pemula.

Kunci sukses belajar AutoCAD untuk pemula.

Kunci sukses belajar AutoCAD untuk pemula,atau istilah lainya kunci sukses belajar AutoCAD dimulai dari nol,ketika pertama kali membaca tulisan ini tentu terkesan remeh sekali atau sepintas tidak diperlukan bagi mereka yang sudah mahir menggunakan AutoCAD,tetapi tidak halnya bagi mereka yang sedang merintis perjalanan belajar AutoCAD.

Mengapa saya dengan berani mengatakan bahwa apa yang akan saya tuliskan kali ini merupakan salah satu kunci untuk sukses menguasai,mahir menggunakan AutoCAD,semua ini tak lain dan tak bukan karena berdasarkan pengamatan terhadap rekan-rekan yang kursus/private di tempat saya,dan tentu saja yang paling utama adalah berdasarkan pengalaman saya ketika dulu perjalanan awal belajar AutoCAD.

Belajar AutoCAD bagi pemula.

Ada beberapa kategori pengguna AutoCAD di lihat dari kemampuan mengoperasikan AutoCAD,misalnya basic,intermediate dan mahir atau experience.sedangkan istilah yang paling sering dipergunakan dilingkungan masyarakat kita baik masyarakat umum maupun masyarakat khusus dalam hal ini masyarakat AutoCAD user,kelompok pengguna AutoCAD terbagi menjadi beberapa tingkatan di antaranya :dasar,menengah dan mahir.

Yang perlu saya ingatkan pada rekan semua yang sedang belajar AutoCAD adalah,apapun gelar atau level kelompok mana sekarang mereka,dasar maupun mahir mereka tidak pernah lolos dari tingkatan yang disebut dengan pemula.

Kenapa saya katakan demikian,sehebat apapun seseorang menggunakan AutoCAD pada saat ini,semuanya tidak terlepas dari proses belajar,yang semula tidak mengenal AutoCAD,kemudian step by step mulai belajar AutoCAD,dari perintah yang simpel dan sederhana sampai yang ribet dan kompleks
.
Gak ada kan di dunia ini yang ujug-ujug langsung bisa,tiba-tiba langsung mahir,seketika jadi pandai tanpa melewati proses dimana mereka terlihat goblok,culun dan gak faham-faham ketika dijelasin atau di ajarin.
Kunci sukses belajar AutoCAD untuk pemula.
Kunci sukses belajar AutoCAD untuk pemula.

Kunci belajar AutoCAD bagi pemula.

Kalau kita sudah sadar dan percaya bahwa tidak ada yang instan untuk mendapatkan ilmu dan kamahiran,maka sebagai orang yang baru belajar AutoCAD ( pemula ) perlu untuk mengetahui hal-hal yang halal untuk dilakukan dan pantanganya,jika kita sudah mengetahui dan mempraktikanya bukan tidak mungkin predikat atau gelar mahir akan disematkan pada kita..amiin

Kunci sukses belajar AutoCAD bagi pemula diantaranya adalah :

  • Belajar dari perintah dasar,artinya belajar secara berurut dan terarah mulai dari perintah draw kemudian modify dst,dari perintah-perintah 2D kemudian melanjutkan ke perintah-perintah 3D,kesalahan yang sering terjadi adalah seseorang mempelajari perintah AutoCAD hanya sebatas yang diperlukan saja,efeknya suatu ketika kita akan kebingungan pada saat membutuhkan perintah tertentu yang kita lewati untuk dipelajari.
  • Tidak cepat puas,ini juga kunci sukses belajar AutoCAD yang mujarab,artinya kita tidak boleh merasa puas,merasa cukup,merasa sudah jagoan dengan kemampuan kita saat ini,padahal dunia drawing itu bukan semakin mudah tapi semakin sulit,benda yang di desain bukan tambah mudah,tapi tambah komplek dan sulit,untuk itu hilangkan sikap cepet puas jika kalian ingin berlabel mahir AutoCAD.  
  • Konsisten,berbicara konsisten tentu lawan katanya inkonsisten,artinya seseorang yang sedang belajar AutoCAD atau istilahnya pemula tadi,sangat dianjurkan selalu konsisten,suatu contoh jika kita belajar satu tool/perintah dalam satu hari,maka bayangkan jika kita konsisten dalam setengah tahun aja kurang lebih kita bisa menguasai lebih dari 150 perintah,padahal dalam sebuah proses menggambar kita tidak pernah lebih dari 30 perintah dalam satu kali prosesnya.
  • Lain halnya jika kita tidak konsisten,misalnya dalam satu minggu kita belajar lebih dari 20 perintah kemudian hari-hari berikutnya libur sampai berhari-hari bahkan berminggu,bulan,tentu semua akan terlihat percuma dan sia-sia,jadi konsistenlah yang akan menghantar kita kepada level yang lebih tinggi ( baca : satu hari satu perintah kunci sukses belajar AutoCAD )
  • Berlatih dan terus berlatih,sudah menjadi kesepakatan seluruh manusia jika latihan dapat menjadikan sesuatu menjadi mahir,tidak hanya dalam dunia olahraga saja rajin latihan dijadikan kunci sukses,dalam dunia belajar AutoCADpun ini menjadi keharusan,logikanya mana mungkin kita bisa mahir mengoperasikan AutoCAD jika latihan saja tidak pernah. Ya kan...?

Berkumpul dengan pengguna AutoCAD,ini sering terabaikan oleh mereka yang belajar AutoCAD,padahal kalau kita perhatikan dengan kita berkumpul dengan pengguna AutoCAD lainya kita bisa tukar pendapat,minta di ajarin dsb,seperti kata pepatah lama,jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka besar kemungkinan kita ikut wangi,tapi kalau kita berteman dengan kambing maka besar kemungkinan kita bau kambing ( lho kok jadi begitu pepatahnya ).

Yowes demikian dulu cerita tentang kunci sukses bagi pemula dalam belajar AutoCAD,semoga bermanfaat..
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:32 PM

10 comments:

  1. kapan waktu saya butuh drafter untuk laporan prgres, akang saya hubungi ya....proyek tahun lalu saya pontang panting saking bejibunnya revisi gambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap 86 buat kang lembu mah...kapan wae butuh info aja,hehehe

      Delete
    2. siap kang...doain supaya banyak revisi gambarnya yaa :)

      Delete
    3. amiiin kang..sumugi tansah sukses sekabehane

      Delete
    4. aku nunggu gajiannya aja ya.. Hoho

      Delete
    5. hahaha,ada aja yang gak bisa liat orang seneng,bwaanya mau ikut aja,hadewh...tenang ntr di traktir seblak seporsi

      Delete
  2. Ini perlu bagi saya untuk memahami lebih jauh tentang AoutCAD

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks kawan...semoga sama2 bermanfaat

      Delete
  3. saya sudah coba belajar autocad, susaaaaaah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sabar atuch neng..pelan-pelan aja jgn buru2

      Delete

RECENT POST