Home » » Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.

Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.

Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru. 

Rekan AutoCAD Tangerang semua,apakah anda pengguna AutoCAD rilis tahun 2012 kesana atau pengguna AutoCAD rilis tahun 2012 kesini,semua pasti paham dan pernah menggunakan perintah array dalam AutoCAD.

Ya perintah Array dalam AutoCAD berfungsi menggandakan sebuah objek berdasarkan objek lama,kemudian akan menghasilkan objek baru yang bisa lebih dari satu,secara teratur dalam bentuk persegi ( rectangular Array ) maupun dalam bentuk lingkaran ( polar Array ).
Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.
Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.

Perintah Array dalam AutoCAD.

Seperti saya sempat ceritakan diatas bahwa ada beberapa jenis perintah Array dalam AutoCAD,yang terbagi dalam tiga kellompok besar yakni :
  • Rectangular Array = membuat duplikasi objek berdasarkan objek lama,untuk menghasilkan bojek baru lebih dari satu objek dan membentuk seperti persegi panjang,terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris.
  • Polar Array = membuat duplikasi objek berdasarkan objek lama untuk menghasilkan lebih dari satu objek dengan mengikuti pola lingkaran.
  • Array Path = membuat dan menghasilkan duplikasi objek berdasarkan objek lama,dimana objek baru tersebut selalu mengikuti garis acuan yang dalam bahasa gambar dinamakan path.

Array klasik dalam AutoCAD.

Jika kita menggunakan AutoCAD keluaran sebelum tahun 2012,maka kita hanya akan menemui dua jenis perintah Array yakni rectangular Array dan polar Array,sementara AutoCAD setelah tahun 2012 sudah ditambahkan dengan perintah Array path,nah perintah Array pada AutoCAD sebelum tahun 2012 inilah yang dinamakan AutoCAD klasik.

Mengapa dinamakan array klasik karena inilah tampilan atau dialog box yang pertama diperkenalkan oleh Autodesk untuk menggunakan perintah Array,baik itu rectangular array maupun polar array,mulai dari mengisi jumlah kolom,jumlah baris,jarak kolom,jarak baris,angle ini untuk rectangular array,sementara untuk polar array kita bisa mengisi jumlah objek yang ingin dihasilkan,center point,angle dsb,semua ini sudah tersedia didalam array dialog box.

Pada masa setelah AutoCAD tahun 2012 terutama tahun 2013 seperti yang saya pakai,jika kita ingin menggunakan perintah Array maka kita sudah tidak lagi disuguhkan array dialog box,tetapi kita langsung di tuntut untuk mengisi parameter seperti tersebut diatas langsung dari command line.

Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.
Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.

Mungkin bagi yang belum terbiasa dengan AutoCAD yang terbaru akan mengalami sedikit kendala dalam proses pengisian parameter tersebut,terutama bagi mereka yang belajar AutoCADnya justru menggunakan AutoCAD terbitan tahun 2012 kebawah.

Tapi ternyata Autodesk memahami kesulitan kita yang sudah terlanjur cinta dengan perintah Array klasik,dan mengalami kesulitan dengan perintah array yang baru,maka Autodesk tetap menyertakan perintah array klasik tersebut,lalu bagaimana caranya biar kita masih bisa menggunakan perintah array dengan dialog box yang sama seperti AutoCAD tahun tua.

Tutorial cara menggunakan perintah Array klasik.

Adapun tutorial cara menggunakan perintah AutoCAD klasik adalah sbb :
  • Persiapkan drawing yang akan kita gandakan menggunakan perintah Array.
  • Masukan perintah arrayclassic kemudian enter.
  • Kemudian akan muncul array dialog box.
  •  
    Perintah Array klasik di AutoCAD terbaru.
    Perintah Array klasik
  • Lalukan settingan dan pengisian parameter yang telah disediakan.
  • Selesai.

Sekian dan demikian,jadi jika kita merasa kesulitan untuk menggunakan perintah array dengan tampilan yang baru pada AutoCAD tahun 2012 keatas maka solusi tepatnya adalah menggunakan perintah array klasik ( arrayclassic ),semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:45 PM

8 comments:

RECENT POST