Home » » Cara menggunakan sistem variabel dalam AutoCAD.

Cara menggunakan sistem variabel dalam AutoCAD.

Cara menggunakan sistem variabel dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD semua,setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian dan jenis sistem variabel dalam AutoCAD maka kali ini kita akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara menggunakan sistem variabel tersebut dalam praktiknnya sehari-hari.

Untuk menggunakan sistem variabel dalam AutoCAD tentu sama saja dengan penggunaan perintah dalam AutoCAD yang lain,misalnya dengan cara memasukan perintah yang ada kaitanya dengan sistem variabel yang kita inginkan untuk dipergunakan,tetapi sebelum sistem variabel tersebut berfungsi berbeda dengan settingan dasar dari AutoCAD maka kita perlu terlebih dahulu melakukan pengaturan sesuai keinginan kita.

Perintah SETVAR dalam sistem variabel AutoCAD.

Untuk mengetahui settingan yang ada pada sebuah sistem variabel dalam AutoCAD kita menggunakan perintah SETVAR untuk membukanya sekaligus melakukan settingan perubahanya,sebagai contoh saya akan melakukan settingan pada sistem variabel FILEDIA maka :

  • Masukan perintah setvar kemudian enter.
  • Ketikan nama sistem variabel yang akan kita liat settingan yang sedang berjalan.(filedia )
  • Lihatlah angka sistem variabel yang muncul,bisa berupa angka 1 ( satu ),0 ( nol ) jika yang muncul angka 1 maka default settingnya  1,sehingga jika kita akan merubah lain dari default setting tersebut maka masukanlah angka 0.
  • Jika kita sudah melakukan perubahan sebuah sistem variabel maka akan muncul pada command line tulisan seperti yang kita tulis tetapi jika angka yang kita masukan tidak sesuai dengan sistem variabel yang disediakan AutoCAD maka akan muncul tulisan Unknown variable name.
  •  

AutoCAD Tangerang
Sistem variabel FILEDIA
Begitu juga dengan sistem variabel – variabel AutoCAD yang lainya: PICKFIRST,DELOBJ,AREA dsb

Perintah SYSVDLG dalam AutoCAD.

Jika kita sudah membahas tentang perintah setvar kaitanya dengan sistem variabel maka kali ini saya ingin mengajak rekan semua membahas tentang perintah SYSVDLG dalam AutoCAD.

Perintah SYSDVLG dalam AutoCAD berfungsi untuk melihat,mengetahui dan memahami settingan apa yang sedang berjalan dalam sebuah sistem variabel pada AutoCAD yang sedang kita pergunakan.

Caranya :

  • Masukan perintah SYSDVLG enter.
  • Akan muncul sistem variabel dialog box.

Nah disanalah tempat lahir beta,eh maksud saya disanalah tempat berkumpulnya sistem variabel dari sebuah AutoCAD.

Semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:20 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST