Home » » Mengenal sistem variabel dalam AutoCAD.

Mengenal sistem variabel dalam AutoCAD.

Mengenal sistem variabel dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,tentu pernah mendengar isitilah sistem variabel kan..? jika sebelumnya kita mengenal sistem variabel itu dalam pelajaran ilmu hitung,misalnya matematika,fisika dsb maka kali ini kita akan coba mengenal dan memahami sistem variabel dalam AutoCAD.

Sistem variable dalam AutoCAD mungkin masih jarang sekali terdengar,padahal setiap pengguna AutoCAD pasti pernah berhadapan dengan sistem variabel yang dimiliki oleh AutoCAD,hanya saja pengguna itu tidak sadar telah menggunakan sistem variabel dalam AutoCAD.

Pengertian sistem variabel dalam AutoCAD.

Sistem variabel AutoCAD adalah sebuah sistem variabel yang berfungsi untuk mengontrol setiap perilaku pengguna AutoCAD,artinya dengan menggunakan sistem variabel tersebut maka pengguna AutoCAD dapat melakukan settingan / pengaturan suatu sistem yang ada pada AutoCAD sesuai dengan keinginan dan kemauan pengguna itu sendiri.

Pada dasarnya AutoCAD sudah memiliki settingan / pengaturan dasar dalam sistem yang ada di dalamnya ( default system ),tetapi AutoCAD juga menyediakan settingan / pengaturan cadangan yang bisa digunakan oleh penggunanya sesuai dengan keinginan dan kemauan penggunanya,dengan harapan pengguna AutoCAD merasa lebih nyaman dan mudah menguasai AutoCAD itu sendiri.

Sebenarnya sistem variabel dalam AutoCAD ini tidak ada bedanya dengan perintah / command AutoCAD,hal yang mendasar yang paling membedakan adalah jika perintah / command itu untuk melakukan tindakan ( eksekusi ) sedangkan sistem variabel itu untuk melakukan settinganya.

Bentuk dan macam sistem variabel dalam AutoCAD.

Sistem variabel dalam AutoCAD kaitanya sama fungsi settingan itu terbagi dalam dua kelompok besar,yakni sistem variabel yang bisa dirubah pengguna AutoCAD,dan sistem variabel yang tidak bisa dirubah oleh pengguna AutoCAD ( read only ).

Untuk mengatahui sistem variabel itu bisa kita rubah atau sistem variabel yang tidak bisa dirubah ( read only) kita bisa mencari tahu informasinya menggunakan perintah SETVAR atau SYSVDLG,sekedar informasi berikut saya coba tampilkan screenshoot dari cara mengetahui sebuah sistem variabel itu bisa dirubah atau read only menggunakan perintah SYSVDLG.

AutoCAD Tangerang
Sistem Variabel yg bisa dirubah

AutoCAD Tangerang
Sistem Variabel Read only

Demikian sekilas tentang sistem variabel dalam AutoCAD,berikutya akan saya ajak rekan AutoCAD Tangerang semua mengulas tentang bagaimana cara menggunakan sistem variabel dalam AutoCAD.
Tunggu ye..!!!!

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:31 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST