Home » » Cara memulai sebuah gambar teknik.

Cara memulai sebuah gambar teknik.

Cara memulai sebuah gambar teknik.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,cara memulai menggambar sebuah gambar teknik kali ini merupakan seri pelengkap dari tulisan saya terdahulu masih tentang cara penyajian sebuah gambar teknik,nah kalau pada tulisan tersebut saya membahas cara penyajian gambar teknik secara umum ,maka saya ingin mengupas pelan pelan keseluruhan secara jelas.

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang cara menyajikan sebuah gambar teknik mustinya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memulai sebuah gambar teknik,kan sangat tidak mungkin jika kita sudah faham tentang cara penyajianya sementara cara membuatnya kita masih kebingungan.

Banyak sekali rekan – rekan saya yang menanyakan tentang bagaimana sich cara memulai menggambar sebuah gambar teknik,apanya dulu yang perlu dipersiapkan,pandangan mana yang di gambar pertama,dsb.
Saya menggaris bawahi pertanyaan – pertanyaan tersebut terutama dalam hal,pandangan mana yang dipergunakan pertama untuk menggambar sebuah gambar teknik.

Penentuan pandangan utama.

Sebuah gambar teknik tercipta dari rangkaian beberapa pandangan,gambar potongan,gambar detail dsb,tapi kunci utamanya adalah pandangan utama,maka penting kiranya bagi kita untuk mengetahui bagaimana mengetahui sebuah pandangan akan kita jadikan sebagai pendangan utama ( pandangan depan ).

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya pada postingan terdahulu bahwa tidak serta merta pandangan depan secara kasat mata akan bisa kita jadikan sebagai pandangan depan ( pandangan utama ) dalam gambar teknik,karena sebuah pandangan akan bisa kita jadikan sebagai pandangan utama apabila memenuhi beberapa kriteria sbb:

  • Menunjukkan syarat dan karakteristik terbanyak ( bentuk,dimensi,kegunaan,ciri-ciri dsb) artinya meskipun terlihat sepintas tanpa perlu pencermatan yang lama seseorang pembaca gambar atau pengguna gambar dapat langsung menyimpulkan tujuan dari gambar tersebut,misalnya gambar depan ( front view ) pada gambar rumah,maka meski tidak diketahui jumlah kamarnya berapa,didalam ada lemari pakaian atau tidak,panjang rumah tersebut,tinggi perlantainya berapa,ketika pertama kali dimunculkan gambar depan ( front view ) mejadi pandangan utama maka secara spontan orang akan mengambil keputusan gambar tersebut adalah gambar rumah.
  • Begitu juga dalam kasus gambar motor,ketika kita menampilkan dalam bentuk sederhana bahkan tanpa warna sekalipun tetapi kita sudah menggunakan pandangan samping ( right view atau left view ) maka spontan mereka akan menjawab itu gambar motor,padahal warna sebalah kanan dengan kiri berbeda,dsb.
  • Memiliki pandangan maya paling sedikit artinya paling sedikit memuat gambar yang tertutupi misalnya profil,simbol,lobang dsb biasanya ditandai dengan munculnya garis hidden,semakin banyak garis hidden yang muncul maka sudut pandang tersebut belum layak dijadikan sebagai pandangan depan ( utama )
  • Menunjukkan panjang dan tinggi benda,jika berhadapan dengan gambar teknik yang skalanya masih terbilang sederhana maka pilihlah pandangan yang akan dijadikan pandangan utama yang paling mewakili ukuran,karena akan berpengaruh pada ukuran yang akan kita sajikan nantinya.
AutoCAD Tangerang
Pandangan utama menggambar kendaraan


Memulai menggambar menggunakan pandangan utama.

Jika kita sudah berhasil menentukan sebuah pendangan itu menjadi pandangandepan ( pandangan utama ) maka selanjutnya seluruh gambar yang akan dibuat harus terpusat dengan gambar utama tersebut,baik itu dari segi sudut pandang ( viewport ),gambar potongan,gambar detail,bahkan sampai penyajian gambar 3D dalam bentuk 3D isometeris.

Setelah pandangan utama terpilih maka pandangan-pandangan lainya menyusul dengan catatan disajikan sesuai dengan sistem proyeksi yang ingin kita pergunakan misalnya pandangan pihak pertama maupun pandangan pihak ketiga ( proyeksi eropa atau proyeksi amerika ).

Demikian tentang bagaimana cara memulai menggambar sebuah gambar teknik,semoga bermanfaat.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:09 PM

6 comments:

  1. pandangan pertama menjadi pandangan utama ya mas.. sayangnya aku ga bisa menggambar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pandangan pertama awal kita berjumpa....ahay..yah begitulah jeung tika,pandangan utama adalah titik start seseorang memulai sebuah gbr teknik...thanks

      Delete

RECENT POST