Home » » Cara menghilangkan quick properties di AutoCAD.

Cara menghilangkan quick properties di AutoCAD.

Cara menghilangkan quick properties di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,di dalam AutoCAD ada sebuah fasilitas yang dinamakan quick properties,itu lho kotak kecil yang sering muncul pada layar AutoCAD,biasanya sich pada waktu kita melakukan select objek atau pemilihan obyek.mungkin ada sebagian user AutoCAD yang tidak terganggu dengan kemunculan kotak ini,tapi ada juga sebagian yang lain sangat merasa terganggu dengan kemunculanya.

Untuk itu kali ini saya ingin mengajak rekan AutoCAD semua mengetahui apa itu quick properties dalam AutoCAD,manfaatnya dan tentu cara mengaktifkan sekaligus menonaktifkan jika kita merasa terganggu dengan kemunculanya.

Quick properties dalam AutoCAD.

Quick properties merupakan sebuah pallate atau kotak dialog yang muncul ketika anda melakukan seleksi pada sebuah objek,yang berisi tentang keterangan-keterangan dari obyek yang kita pilih tersebut,mulai dari color,layer,linetype,area dsb.

Sebenarnya quick properties ini memiliki manfaat bagi pengguna AutoCAD,kan gak mungkin AutoCAD menyediakannya jika memang dirasa tidak memberikan manfaatnya,adapun beberapa manfaat dari keberadaan quick properties dalam AutoCAD adalah :

  • Informasi,kemunculan quick properties pada layar AutoCAD sebenarnya memberikan beberapa informasi terhadap pengguna AutoCAD,seperti saya sebutkan diatas color, layer,linetype,area dsb.
  • Editing,dengan adanya quick properties kita bisa melakukan pengeditan secara khusus terhadap obyek yang kita pilih,tanpa harus menggunakan perintah properties yang sesungguhnya,mulai dari color,linetype,bahkan sampai mengedit dimensi atau ukuranya.
Cara menghilangkan quick properties di AutoCAD.
Quick Properties

Cara menonaktifkan quick properties.

Bagi rekan – rekan yang merasa kurang nyaman dengan keberadaan pallete quick properties tersebut bisa kita melakukan proses penon aktifan terhadap quick properties tersebut dengan cara :

  • Cara 1:

Klik lambang close pada pallete quick properties tersebut,


  • Cara 2 :

  • Ketik ds (enter)
  • Kemudian akan tampil drafting settings dialog box
  • Pilih tab quick properties, dan hilangkan centang pada Display the quick properties.
  • Klik ok untuk mengahiri perintah.
AutoCAD Tangerang
menghilangkan quick properties


Demikianlah sekilas tentang manfaat dan kerugian pallete quick properties,sekaligus cara menonaktifkan atau menghilangkan kemunculanya dalam AutoCAD.

Semoga bermanfaat.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:34 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST