Home » » Cara menyajikan gambar teknik.

Cara menyajikan gambar teknik.


Cara menyajikan gambar teknik.

Rekan AutoCAD Tangerang semua kali ini saya ingin mengajak rekan semua untuk membahas sebuah informasi tentang bagaimana cara menyajikan sebuah gambar teknik agar informasi yang ingin disampaikan dari gambar tersebut dapat tersalurkan kepada pembaca gambar atau pengguna gambar tersebut nantinya.


Berbicara mengenai tips menyajikan drawing teknik ini pernah saya baca dari sebuah buku yang saya agak lupa nama judulnya,kalau gak salah teknik menggambar mesin menurut standard iso,sudah lumayan lama saya membaca buku tersebut,yang ingin saya tuliskan ini hal-hal yang masih saya ingat,mungkin ada yang kurang san ada lebih jadi nanti saya minta rekan semua untuk bisa saling mengkoreksi dan melengkapinya.

Aturan dasar penyajian gambar teknik

Jadi pada saat sebelum menyajikan sebuah gambar teknik kita memerlukan beberapa aturan-aturan tertentu supaya informasi dari gambar yang kita sajikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca gambar dan pengguna gambar nantinya,adapun aturan dasar penyajian gambar adalah sbb:

  • Penentuan Pandangan ( proyeksi )

Untuk menggambar pandangan-pandangan sebuah benda, pandangan depan benda dianggap sebagai gambar pokok, dan pandangan-pandangan lain dapat disusun sesuai dengan realitas yang ada,Namun dalam gamber kerja, jumlah pandangan harus dibatasi seperlunya, yang dapat memberikan bentuk benda secara lengkap.

Untuk menempatkan pandangan atas atau pandangan samping dan pandangan depannya, terlebih dahulu kita harus menempatkan sistem proyeksi apa yang kita pakai, apakah proyeksi di kuadran I (Eropa) ataukah proyeksi di kuadran III (Amerika),Setelah kita menempatkan sistem proyeksi yang kita pakai, barulah kita menempatkan pandangan dan objek yang kita gambar tersebut Penentuan Pandangan.

  • Pemilihan Pandangan Depan ( pandangan utama )

Pemilihan pandangan depan dari benda yang akan disajikan dalam gambar adalah sangat penting. Karena gambar pandangan depan dapat langsung memberikan keterangan bentuk benda yang sebenarnya. Lagipula jumlah gambar pandangan juga ditentukan oleh gambar pandangan depan tadi.

Pandangan depan tidak selalu berarti pandangan depan dalam arti kata sehari-hari. Pandangan depan adalah bagian benda yang dapat memberikan cukup keterangan mengenai bentuk khasnya atau fungsinya,jadi yang akan menjadi pandangan depan atau pandangan utama tidak selalu dari pandangan depan saja ( front view ) tapi bisa saja pandangan samping ( right view / left view ) yang menjadi pandangan utama.

Cara jitu untuk menentukan sebuah pandangan dari sebuah benda akan menjadi pandangan utama adalah,pandangan tersebut mewakili hampir seluruh karakteristik benda tersebut,mulai dari dimensi bentuk visual,dsb.

Contoh : ketika akan menyajikan gambar sebuah kendaraan maka pandangan utama adalah pandangan samping ( right view atau left view),untuk menyajikan gambar sebuah rumah maka pandangan utama yang dipergunakan adalah pandangan depan ( front view ) dan untuk wajah manusia front view menjadi pandangan utama dsb.

baca : cara memulai sebuah gambar teknik

  • Penetapan Jumlah Pandangan

Kemudian selanjutnya adalah menetapkan jumlah pandangan yang akan kita pergunakan untuk penyajian gambar tersebut,Jumlah pandangan dalam satu objek/gambar tidak semuanya harus digambar, misalnya untuk benda-benda bubutan sederhana, dengan satu pandangan saja yang dilengkapi dengan simbol (lingkaran) sudah cukup untuk memberikan informasi yang jelas,tetapi jika berhadapan dengan gambar yang kompleks maka bisa saja seluruh pandangan kita pergunakan,bahkan masih ditambah dengan potongan-potongan gambar sehingga seluruh informasinya dapat terbaca seluruhnya.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:29 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST