Home » » Ordinat dimension dalam AutoCAD.

Ordinat dimension dalam AutoCAD.

Ordinat Dimension dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kali ini saya ingin mengulas tentang perintah ordinat dimension dalam AutoCAD,tulisan ini sekaligus menutupi kekurangan postingan saya yang telah lama yang ternyata belum saya lengkapi yakni tentang kumpulan perintah dimensi dalam AutoCAD,rekan semua bisa kunjungi kembali dengan judul postingan kumpulan perintah dimension AutoCAD.

Sebenarnya saya bukanya tidak mau berbagi tentang tutorial cara menggunakan ordinat dimension ini,tapi saya benar-benar lupa kalau ternyata saya belum sempat menuliskan,beruntung beberapa hari yang lalu ada rekan AutoCAD Tangerang yang berkomentar untuk melengkapi tutorial seri dimension AutoCAD ini.

Untuk itu tak perlu berpanjang lebar lagi maka saya ingin mengajak rekan semua untuk mengetahui pengertian dan bagaimana cara menggunakan perintah ordinat dimension tersebut dalam AutoCAD.

Pengertian ordinat dimension.

Ordinate dimension adalah sebuah cara mengetahui dimensi sebuah object berdasarkan titik yang telah kita tentukan untuk selanjutnya dijadikan titik awal,sehingga semua dimensi yang akan kita dapatkan nantinya selalu berdasarkan jarak titik tersebut dengan jarak titik awal,baik yang searah dengan sumbu X maupun searah sumbu Y.

Seperti dalam bahasa aslinya ordinate dimension adalah Ordinate dimensions measure the perpendicular distances from an origin point called the datum, such as a hole in a part. The datum is established by the current location of the UCS origin.

Cara menggunakan perintah ordinat dimension.


  • Pindahkan ikon UCS ke titik yang akan kita jadikan titik awal ( Datum ).
  • Masukan perintah ordinate dimensions atau ketik DIMORDINATE kemudian enter.
  • Klik pada titik yang akan kita jadikan titik awal ( Datum ) tadi.
  • Selanjutnya klik titik-titik yang akan kita cari atau kita beri dimensinya.
  • Ok
AutoCAD Tangerang
Ordinat dimension dalam AutoCAD.

NB : setelah semua titik sudah kita beri ukuran dimensionya jangan lupa untuk memberi tanda negatif ( - ) pada dimension yang kearah sumbu negatif yakni sudut 180 dan 270 derajat.

Demikianlah tutorial ordinate  dimension lengkap dengan pengertian dan penjelasanya,semoga bermanfaat dan mampu melengkapi kekurang tutorial seri dimensi AutoCAD sebelumnya.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:35 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST