Home » » Cara memberi perintah AutoCAD.

Cara memberi perintah AutoCAD.

Cara memberi perintah AutoCAD.

Rekan AutoCAD semua,ketika kita menggunakan atau mengoperasikan aplikasi computer maka kita tidak terlepas dari yang namanya memberi perintah atau yang sering disebut dengan istilah command,begitu juga ketika kita menggunakan AutoCAD maka kita akan selalu memberi perintah atau command selama proses menggambar tersebut.

Memberi perintah dalam AutoCAD bisa juga di istilahkan dengan permintaan-permintaan kita sebagai pengguna,kemudian system yang ada pada AutoCAD akan merespon sesuai dengan permintaan kita,dengan catatan perintah atau command yang kita berikan kepada AutoCAD benar.

Ada beberapa metode atau cara memberi perintah dalam AutoCAD,ini tergantung dari kebiasaan pengguna AutoCAD masing-masing,setiap metode atau cara memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya pilihan ada ditangan kita sebagai pengguna AutoCAD.

Metode memberi perintah AutoCAD.

  • Menubar : memberi perintah dalam AutoCAD dengan menggunakan metode menubar artinya kita memberi perintah kepada AutoCAD dengan cara mengakses perintah tersebut dari menubar,kemudian setelah ketemu perintah yang di inginkan maka kita tinggal meng-klik perintahnya dst.

Menubar

Contoh : memberi perintah LINE
Caranya : klik menubar DRAW kemudian pilih toolbar LINE kemudian dilanjutkan seperti biasa membuat perintah LINE.
  • Toolbar : memberi perintah dalam AutoCAD dengan menggunakan metode toolbar artinya kita memberi perintah kepada AutoCAD dengan cara meng-klik perintah yang kita inginkan kemudian kita bisa lanjutkan seperti cara-cara selanjutnya,tetapi perlu di ingat bahwa tidak semua perintah bisa langsung muncul toolbarnya pada saat baru pertama kali AutoCAD di install,jadi kita mesti mengeluarkan atau menampilkanya terlebih dahulu.

Toolbar
  
Contoh : memberi perintah LINE
Caranya : klik toolbar LINE kemudian dilanjutkan seperti biasa membuat perintah LINE.
  • Ketik / command line : memberi perintah dalam AutoCAD dengan menggunakan metode ketik artinya kita memberi perintah kepada AutoCAD dengan cara mengetikan perintah yang kita inginkan pada kolom command atau yang lebih sering disebut dengan istilah command window,kemudian kita bisa lanjutkan seperti cara-cara selanjutnya.

Command Line

Cara ini cukup menghemat waktu dalam proses menggambar,tanpa kita perlu mencari dulu menubarnya,atau kita tidak perlu lagi mencari toolbarnya.

Contoh : memberi perintah LINE
Caranya : ketik LINE pada kolom perintah kemudian enter,kemudian dilanjutkan seperti biasa membuat perintah LINE.
  • Command Alias : memberi perintah dalam AutoCAD dengan menggunakan metode command alias sebenarnya tidaklah beda dengan memberi perintah menggunakan perintah ketik / command line,hanya saja bedanya jika kita menggunakan command line ? ketik maka kita mengetikan seluruh perintah AutoCAD,sedangkan jika kita menggunakan perintah command alias kita hanya mengetikan sebagian atau singkatan dari perintah tersebut.

Command Alias

Misalnya kita ingin memberi perintah LINE pada AutoCAD,maka cara command line kita mengetikan LINE secara komplit sedangkan kalau menggunakan command alias kita hanya mengetikan perintah L saja.

Cara ini cukup menghemat waktu dalam proses menggambar,hanya saja kita perlu mengetahui dan menghafal akronim atau text alias yang sesuai dengan perintah pada AutoCAD.

Contoh : memberi perintah LINE
Caranya : ketik L pada kolom perintah kemudian enter,kemudian dilanjutkan seperti biasa membuat perintah LINE.

Demikianlah beberapa cara atau metode dalam memberi perintah di AutoCAD,sekali lagi ini bukan menjadi seseorang mahir menggunakan AutoCAD atau tidak,tetapi tergantung seseorang familiar dengan metode yang mana,ohya sebenarnya masih ada satu lagi cara memberi perintah dalam AutoCAD yakni dengan metode edit program parameter dan AUTOLISP,tetapi saya belum persiapkan untuk dikaji disini,mungkin lain kali saya akan siapkan tutorialnya tentang menggunakan metode Autolisp dalam AutoCAD dan juga tutorial cara memberi perintah menggunakan metode edit program parameter dalam AutoCAD.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:56 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN