Home » » Cara Override Object Snap dalam AutoCAD.

Cara Override Object Snap dalam AutoCAD.

Cara Override Object Snap dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kali ini kita akan coba melanjutkan cerita kita tentang object snap,jika sebelumnya yang kita bahas mengenai pengertian,fungsi dan bagaimana cara setting serta cara menggunakan object snap dalam AutoCAD,selanjutnya kita akan coba bahas tentang override object snap dalam AutoCAD.

Mungkin rekan AutoCAD Tangerang semua muncul pertanyaan tentang apa sich override object snap,kegunaanya dan bagaimana cara mempraktikan dalam proses menggunakan AutoCAD.

Sekilas tentang override object snap.

Sebelum kita lebih jauh melangkah membicarakan override object snap tidak ada salahnya kita mencari tahu dulu apa itu override,dan mengapa mesti ada override,begitu juga kaitanya dengan override osnap yang ada dalam AutoCAD.

Override adalah teknologi yang memungkinkan class turunan atau child,dimana subclass atau child ini bisa mengubah variable yang ada pada parentclass(induk),mengubah disini bisa diartikan mengedit,mengganti atau bahkan menghilangkan system yang dimiliki oleh parentclass.

Waduh ribet juga itu penjelasanya,mungkin kalau boleh saya jabarkan dengan bahasa yang sederhana,override adalah system pengganti dari sistem yang sudah ada yakni sistem induk ( parentclass) dan terkadang sistem pengganti ( override ) ini sifatnya sementara atau temporary,sehingga masih memungkinan sistem utama ( parentalclass ) bisa berfungsi kembali seperti sedia kala.

Lalu apa kaitanya dengan override object snap dalam AutoCAD,,?

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa penggunaan object snap ( OSNAP ) dalam proses menggambar menggunakan AutoCAD itu sangat mutlak sekali diperlukan,dan kita juga fahami bahwa osnap yang ada pada AutoCAD itu banyak sekali,sehingga terkadang pengguna AutoCAD akan merasa terganggu munculnya tanda-tanda osnap ini dalam area drawing.

Mungkin jika gambar kita masih sederhana,kita tidak mempermasalahkan munculnya osnap tersebut,tapi coba kalau gambar kita sudah komplek,ada ribuan obyek terdapat didalam gambar tersebut,sementara kita tau karakter osnap itu magnet yang akan menarik ujung kursor kita ke titik mereka ketika kursor kita mendekati area osnap tersebut.

Untuk menghindari salah penempatan titik osnap tersebut maka kita bisa menggunakan override object snap,nah sekarang kita tinggal bahasa bagaimana cara menggunakan override object snap dalam AutoCAD.

Tutorial cara override object snap dalam AutoCAD.

  • Perintah utama untuk mengaktifkan override object snap adalah tekan tombol SHIFT+KLIK KANAN.
AutoCAD Tangerang
Cara Override Object Snap dalam AutoCAD.


Contoh penggunaan override Object snap dalam AutoCAD.
  • Buatlah sebuah garis dengan panjang 100 kearah sumbu X menggunakan perintah LINE.
  • Masukan perintah LINE,nah pada dasarnya dalam sebuah obyek line itu ada beberapa titik object snap,yang paling umum adalah Endpoint,midpoint.
  • Nah karena kita hanya akan menggunakan titik endpoint saja tanpa mau terganggu oleh midpoint maka disinilah peran override osnap berlaku.
  • Tekan tombol SHIFT di kombinasikan dengan klik kanan,maka akan muncul tampilan seperti ini.
  • Klik endpoint.
  • Maka seluruh obyek yang ada pada drawing area hanya akan memunculkan satu titik object snap yakni endpoint.
  • Demikianlah perjuangan kita kali ini membahas tentang override osnap dalam AutoCAD,semoga bermanfaat buat rekan AutoCAD Tangerang semua…


    Demikianlah perjuangan kita kali ini membahas tentang override osnap dalam AutoCAD,semoga bermanfaat buat rekan AutoCAD Tangerang semua…



    Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:21 PM

    0 comments:

    Post a Comment

    ADMIN