Home » » Mengenal Object snap dalam AutoCAD.

Mengenal Object snap dalam AutoCAD.

Mengenal Object snap dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD semua,lamo nian rasanya saya tidak menulis pada blog ini,tentu saya kangen sekali menyapa rekan semua dan semoga rekan semua juga kangen sama saya lewat tulisan tulisan saya di blog AutoCAD Tangerang ini,nah untuk itu tanpa banyak cakap lagi kali ini saya ingin berbagi tentang object snap dalam AutoCAD.

Tutorial ini muncul ketika beberapa hari yang lalu saya sedang memperkenalkan AutoCAD kepada salah satu murid baru ditempat kursus saya,biasalah materia awal kursus kan interface,nah pada saat saya menjelaskan interface dan masuk pada bab object snap itulah muncul pertanyaan seperti ini :

  • Apa yang dimaksud dengan object snap...?
  • Apa fungsi dari object snap..?
  • Bagaimana cara mengaktifkanya dan tentu apa pengaruhnya jika tidak di aktifkan..?

Pengertian dan fungsi object snap.

Tak patut rasanya kalau kita belajar AutoCAD tanpa mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dan fungsi object snap,nah mari kita coba uraikan pengertian dan fungsi object snap tersebut.

Object Snap merupakan fitur bantu dalam menemukan titik acuan,Object snap hanya bekerja saat AutoCAD meminta anda mendefenisikan titik koordinat. Saat anda mengaktifkan line, circle, atau drawing tools lain, dan AutoCAD meminta anda mendefenisikan titik, object snap secara default akan aktif.

Ada pendapat lain dari pengertian object snap yaitu byek Snap (OSNAP) adalah fasilitas bantu AutoCAD yang berfungsi untuk mengunci obyek pada titik tertentu sehingga kursor akan menangkap titik tersebut. 

Jika kita mentelaah pengertian-pengertian diatas maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa fasilitas object snap berfungsi untuk mengunci gambar pada sebuah titik tertentu yang kita inginkan,agar hasil gambar yang dibuat bisa akurat dan sempurna.

Bayangkan jika kita tidak mengaktifkan fasilitas object snap,pada saat kita akan menemukan titik akhir sebuah garis maka kita akan sangat kesulitan,atau bahkan mungkin justru mustahil untuk menemukan titik akhir tersebut,begitu juga dengan titik tengah,center,dsb.

Object snap dalam AutoCAD.

Ada banyak sekali titik-titik object dalam AutoCAD,yang kesemuanya dapat kita atur menggunakan perintah object snap seperti berikut dibawah ini:

  • Endpoint : untuk menangkap titik ujung. 
  • Midpoint : untuk menangkap titik tengah. 
  • Intersection : menangkap titik perpotongan antara dua obyek berpotongan. 
  • Apparent Intersection : menangkap titik perpotongan dua obyek yang tidak ketemu. 
  • Center : untuk menangkap titik pusat. 
  • Quadrant : menangkap titik kuadran lingkaran, yaitu 0, 90, 180 dan 270. 
  • Tangent : menangkap titik singgung lingkaran atau busur. Perpendicular : menangkap titik yang tegak lurus terhadap garis lingkaran dan busur. 
  • Node : untuk menempatkan sesuatu pada titik. 
  • Insert : untuk menangkap titik sisip. 
  • Nearest : untuk menangkap titik terdekat dari sebuah obyek. 
  • None : untuk mematikan Osnap yang sedang bekerja secara permanen
AutoCAD Tangerang
Mengenal Object snap dalam AutoCAD.


Cara setting object snap.
Jika kita sudah mengetahui pengertian,fungsi dan kegunaan object snap maka kita sekarang coba belajar melakukan settingan object snap,baik untuk mengaktifkan,atau menonaktifkanya,adapun tutorial cara setting object snap dalam AutoCAD adalah sbb:

Cara 1
Klik tool pada menubar
Kemudian pilih drafting setting.
Klik tab object snap.
Select all untuk mengaktifkan semua.
Ok.

Cara 2
Ketik DS pada command line.
Klik tab object snap.
Select all untuk mengaktifkan semua.
Ok.

Cara 3 :
Ketik OS pada command line.
Klik tab object snap.
Select all untuk mengaktifkan semua.
Ok.

Nah demikianlah tentang pengertian,fungsi dan cara melakukan settingan object snap pada AutoCAD,mungkin jika ada kesempatan saya akan coba mengulas tentang cara override object snap dalam AutoCAD.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:27 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN