Home » » Cara menambah vertex di AutoCAD.

Cara menambah vertex di AutoCAD.

Cara menambah vertex di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,keberadaan vertex atau ada juga yang menyebut dengan grip dalam dunia gambar itu sangat diperlukan sekali,tidak hanya pada AutoCAD tetapi bagi aplikasi – aplikasi gambar lainya pun keberadaan vertex ini sangat diperlukan.

Tentu penasaran kan dengan vertex tersebut,serta bingungkan fungsi vertex untuk apa,nah sebelum kita membahas tentang cara menambah vertex di dalam AutoCAD,tidak ada salahnya jika kita samakan persepsi dulu tentang pengertian dan fungsi dari vertex tersebut.

Pengertian dan fungsi vertex.

Kalau berbicara pengertian,tentu kita akan memiliki perbedaan sudut pandang,nah pengertian vertex yang akan saya cantumkan disini adalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya,jika kurang pas dan rekan AutoCAD Tangerang ada yang bisa membantu menjelaskan dengan lebih jitu saya sangat berterima kasih.

Vertex atau grip atau ada istilah lain yang saya belum faham adalah sebuah simbol ( tanda ) dalam obyek gambar di AutoCAD yang biasanya berfungsi untuk menandakan posisi snap ( endpoint,midpoint,dsb).
Contoh :
AutoCAD Tangerang
Rectangle dengan Vertex Default

Adapun fungsi vertex ini selain menujukan titik snap,juga dapat berfungsi untuk melakukan stretch pada saat akan merubah bentuk sebuah poyline,melakukan move pada obyek lin,sebagai titik basepoint dsb.

Khusus vertex yang dipergunakan untuk merubah sebuah bentuk obyek polyline,yang biasanya menggunakan perintah stretch maka kita terkadang memerlukan tambahan jumlah vertex dari yang secara default muncul pada obyek tersebut.

Mengapa memerlukan tambah vertex..?

Karena pada prinsipnya semakin banyak vertex yang ada pada sebuah obyek,maka akan semakin mempermudah bagi kita untuk melakukan modifikasi desain,dan akan menghasilkan bentuk desain yang jauh lebih smooth ( halus ) dibandingkan dengan yang menggunakan vertex sedikit,terlebih bagi rekan-rekan yang bergelut dengan aplikasi 3dsMAX,pemahaman soal vertex menjadi hal yang wajib.

Nah kalau dari penjelasan tersebut diatas kita sudah sepakat dan samakan persepsi tentang vertex dan fungsinya maka sekarang kita beralih kepada bagaimana cara mengedit vertex untuk menambahkan jumlah vertex dari yang ada.

Tutorial cara menambah vertex di AutoCAD.


Tidak ada salahnya jika rekan AutoCAD Tangerang semua sebelum mempelajari bagaimana cara menambah vertex dalam AutoCAD,kunjungi terlebih dahulu tutorial saya tentang kupaas tuntas perintah Joint,region dan PEDIT pada AutoCAD,karena ini ada kaitan erat dengan cara menambah vertex.
  • Cara menambah vertex di AutoCAD ini juga bisa diartikan dengan cara mengedit vertex di AutoCAD kalau dalam bahasa kerenya how to add vertex to Polyline.
  • Siapkan sebuah obyek berbentuk persegi panjang menggunakan perintah rectangle ukuran 150x75mm.
  • Masukan perintah poyline edit atau di singkat PEDIT.
  • Pilih obyek kemudian akan muncul kotak pilihan.
  • Pilih edit vertex terus pilih kembali insert.
  • Kemudian klik yang akan menjadi titik pertama ( titik awal ),
  • kemudian pilih insert
  • Klik sebagai titik berikutnya ( titik kedua )
  • Selesai.
AutoCAD Tangerang
Hasil dari Add Vertex


Maka hasilnya antara titik pertama dan titik kedua yang kita pilih tadi akan muncul vertex baru,begitu seterusnya sampai jumlah vertex yang kita inginkan muncul dalam obyek tersebut.

Ohya perintah edit vertex ini tidak semua obyek bisa kita tambahkan vertexnya ya,circle,ellipse,polygon adalah beberapa yang saya tau tidak bisa kita edit vertexnya,kecuali Arc,Line,Rectangle apalagi Polyline lainya.

Semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:39 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN