Home » » Mengenal pickbox dalam AutoCAD.

Mengenal pickbox dalam AutoCAD.

Mengenal pickbox dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,bagi para pengguna AutoCAD tentu pernah melihat bahkan mempergunakanya yang disebut dengan pickbox tetapi terkadang tidak sadar bahwa yang mereka lihat dan pergunakan itu bernama pickbox dalam AutoCAD.

Menurut saya ini masih dalam taraf wajar karena kita biasanya diperkenalkan dengan pickbox dalam AutoCAD itu hanya pada awal belajar AutoCAD saja,misalnya pada saat interface AutoCAD,melakukan settingan-settingan AutoCAD dari menu options dsb,ditambah dengan masih lumayan kurangnya tutorial-tutorial AutoCAD yang mengupas tentang pickbox dalam AutoCAD.
Pengertian pickbox dalam AutoCAD.

Pickbox dalam AutoCAD adalah sebuah bentuk kotak ( box ) yang berada ditengah-tengah crosshair cursor dimana kotak tersebut berfungsi sebagai alat untuk melakukan pemilihan ( selections ) pada saat menggunakan perintah AutoCAD,dengan kata lain pickbox ini sebagai pengganti tangan kita pada saat melakukan pengambilan obyek,misalnya hendak di move,copy,rotate,stretch dsb.

Jika rekan AutoCAD Tangerang semua penasaran bentuk dari pickbox dalam AutoCAD seperti ini lho penampakanya.
PickBox

Pickbox size AutoCAD.

Jika mengacu pada fungsi pickbox maka ukuran atau size dari pickbox ini sangat perlu untuk diperhatikan,jika ukuranya terlalu kecil maka kita akan mengalami sedikit kesulitan pada saat akan melakukan seleksi obyek,namun tidak pula boleh terlalu besar karena jika terlalu besar kita akan mengalami kesulitan juga pada saat akan melakukan seleksi,bayangkan ketika kita mau klik satu obyek yang berdekatan dengan obyek yang lain,ketika pickbox kita terlalu besar maka kedua obyek tersebut jadi ikut terseleksi semua.

Nah untuk melakukan modifikasi ukuran ( size ) dari pickbox dengan cara sbb:

Cara 1 :
  • Masukan perintah PICKBOX kemudian enter
  • Masukan nilai angka ukuran dari pickbox yang kita inginkan.
  • Selesai.
Cara merubah ukuran Pickbox



Cara 2:
  • Klik tool pada menubar kemudian pilih options atau
  • Ketik OP kemudian enter.
  • Setelah muncul options dialog box pilih tab selections
  • Pada settingan pickbox geser cursor settingnya kekanan untuk memperbesar,kekiri untuk memperkecil.
  • Ok.
Cara merubah ukuran Pickbox



Demikian tutorial kali ini tentang pickbox dan cara setting ukuranya ( pickbox size ) semoga bermanfaat buat rekan-rekan semua.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:36 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN