Home » » Belajar AutoCAD dari buku.

Belajar AutoCAD dari buku.

Belajar AutoCAD dari buku.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,ada pepatah bijak yang mengatakan banyak jalan menuju roma,atau ada istilah lain yakni tak ada rotan akar pun jadi,tentu rekan semua faham tentang makna dari pepatah tersebut,begitu juga jika kita implementasikan pepatah tersebut dengan belajar AutoCAD.

Seperti kita tahu semua bahwasanya banyak sekali ragam dan cara seseorang untuk belajar AutoCAD,mulai dari menempuh jalur resmi seperti kursus dan pelatihan-pelatihan,ada juga yang menggunakan fasilitas internet,dan tidak sedikit pula yang belajar AutoCAD dengan menggunakan fasilitas buku.

Belajar AutoCAD dari buku inilah yang sedikit ingin saya ceritakan berdasarkan pengalaman dan pemahaman saya,mulai dari keuntungan dan kerugiannya,sampai bagaimana tips dan trik memilih buku yang akan kita jadikan sebagai referensi atau acuan dalam belajar AutoCAD.

AutoCAD Tangerang
Belajar AutoCAD dari buku.

Belajar AutoCAD dari buku.

Belajar AutoCAD dengan penunjang sebuah buku sebagai acuan adalah sebuah proses belajar step by step dengan mengikuti apa yang di instruksikan dari penulis buku tersebut,setelah kita membaca tulisan tersebut kita di tuntut untuk mencoba dan mempraktikan apa yang tertulis di dalam buku tersebut.

Belajar AutoCAD menggunakan buku ini memiliki nilai keuntungan dan juga kerugian,baik secara jangka pendek,menengah maupun jangka panjang,nah beberapa keuntungan dan kerugian belajar AutoCAD menggunakan buku adalah :


Keuntungan :
  • Fleksibel artinya belajar AutoCAD menggunakan buku dapat kita bawa kemana saja kita pergi,tidak mengenal batasan tempat dan waktu sehingga kita bisa membacanya,memahaminya serta mempraktikanya kapanpun kita sempat dan dimanapun kita berada.
  • Tahan lama maksudnya adalah tutorial yang ada dalam sebuah buku tentu tidak mudah rusak atau bahkan hilang jika dibandingkan ketika kita menggunakan tutorial dari ebook,video tutorial,tutorial pdf dsb,karena seperti kita tahu bahwa softcopy seperti tersebut diatas rawan terjangkit virus sehingga tidak bisa dibuka kembali dilain hari,atau bisa saja tertinggal karena kita save file tersebut di falshdisk dsb.
  • Bisa di ulang artinya dengan menggunakan fasilitas buku untuk belajar AutoCAD maka kita dengan mudah mengulang-ulang kembali tutorial yang ada dalam tulisan buku tersebut,tanpa perlu takut kehabisan kuota internet misalnya.
  • History maksudnya adalah dengan kita belajar AutoCAD menggunakan buku maka secara tidak langsung kita sudah membuat sejarah tidak hanya sejarah untuk kita sendiri,tetapi untuk orang lain,keluarga kita,sahabat kita dan tentu anak cucu kita yang bukan tidak mungkin kelak ingin belajar AutoCAD juga seperti kita saat ini.
  • Tidak pernah marah,hlo ya jelas seperti istilah kuno bahwa buku adalah guru yang tidak pernah marah..hehe

Kerugian :

  • Biaya atau ongkos,sudah kita fahami semua bahwasanya harga sebuah buku AutoCAD itu tidak murah atau bisa dikatakan mahal karena masih terbilang sedikit buku-buku AutoCAD yang beredar dipasaran,mungkin karena harga yang mahal tersebutlah peredaran buku AutoCAD masih terbilang langka.
  • Konsultasi,belajar AutoCAD menggunakan buku memiliki satu kerugian yang lumayan besar yakni tidak adanya fasilitas tanya-jawab misalnya,tidak bisa berinteraksi langsung seperti halnya ketika kita langsung berhadapan dengan guru,jadi kita bisa langsung menanyakan problem-problem yang kita rasakan.
  • Bahasa,belajar AutoCAD menggunakan buku sebagai acuan maka kita dituntut untuk segera memahami bahasa yang dipergunakan dalam buku tersebut,sehingga kita tidak mengalami salah faham,karena bahasa yang dipergunakan oleh penulis sebuah buku AutoCAD itu memiliki karakter dan style yang berbeda-beda dengan yang lain.
Bagaimana mungkin kita bisa menguasai autoCAD sementara membaca aja sulit,hahaha itu sich iklan,maksud saya bagaimana mungkin kita bisa memahami sebuah tutorial AutoCAD jika sendiri masih terkendala dengan bahasanya.
Karena buku AutoCAD itu tidak hanya berbahasa indonesia tapi juga ada yang menggunakan bahasa inggris,makanya kita perlu bijak memilih buku autoCAD sebelum kita pergunakan sebgai acuan dalam belajar AutoCAD.
  • Bertele-tele atau apa ya istilahnya tidak to the point,ya terkadang saya menjumpai sebuah buku AutoCAD yang gaya bahasanya dalam mengulas tutorial itu tidak langsung ke topik sehingga terkesan muter-muter yang dalam istilah jawa bertele-tele sehingga membuat sebagian pembacanya malah bingung.

Untuk itu saya menyarakan rekan AutoCAD Tangerang semua yang ingin belajar AutoCAD dari buku,bijak dan cermat serta telitilah dalam memilih buku tersebut,karena sangat disayangkan jika sudah mahal-mahal kita membeli bukunya ternyata kita tidak bisa mendapatkan informasi maksimal dari buku tersebut.

Nah untuk mengetahui tips dan trik memilih buku AutoCAD silahkan kunjungi tulisan saya dengan judul cerdas memilih buku AutoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:57 PM

1 comments:

  1. This article is very nice as well as very informative. I have known very important things over here. I want to thank you for this informative read. I really appreciate sharing this great. If you want essay related topic you can take online essay writing service help through essay writing help before the exam.

    ReplyDelete

ADMIN