Home » » Mengenal Perintah Snapang dalam AutoCAD.

Mengenal Perintah Snapang dalam AutoCAD.

Mengenal Perintah Snapang dalam AutoCAD. 

Rekan AutoCAD Tangerang,mungkin sedikit asing di telinga kita tentang perintah snapang dalam AutoCAD,eiits jangan salah ya,snapang bukan senapan,karena memang perintah snapang dalam AutoCAD ini masih jarang sekali yang mempergunakanya dalam proses menggambar menggunakan AutoCAD.

Lalu apa sich perintah snapang dalam AutoCAD tersebut, apa pula fungsi dan bagaimana cara menggunakanya,yuuk sama-sama kita bedah mulai dari pengertian,fungsi dan bagaimana cara menggunakanya.

Pengertian perintah snapang dan fungsinya. 

Perintah snapang dalam AutoCAD adalah sebuah sistem variable yang merubah arah kursor berbeda dengan yang ditunjukan UCS,dimana kita ketahui bahwa secara default kursor pada AutoCAD ketika kita mengaktifkan ortho mode ( F8 ) maka kursor hanya akan terarah kepada sudut 0,90,180,270 tetapi jika kita merubah settingan tersebut dengan perintah snapang dan memasukan angka 30 maka sudut 0 ( nol ) sebagai sudut permulaan akan berubah menjadi sudut 30 dst.

Snapang berawal dari singkatan snaping dan angular yang artinya kira-kira begini, Perintah ini berfungsi untuk memutar kursor mouse kita dengan sudut tertentu sehingga kita bisa membuat garis miring dengan mengaktfkan juga perintah ortho (f8).

Jika kita ambil kesimpulan bahwasanya dengan menggunakan perintah snapang tersebut maka kita akan selalu menghasilkan garis lurus dengan sudut awal seperti yang kita inginkan,maka jika kita memutuskan menggunakan sudut 30 menggantikan sudut nol maka akan sangat membantu sekali ketika kita akan membuat obyek gambar seperti tampilan isometric view.

Cara menggunakan perintah snapang dalam AutoCAD. 


  • Masukan perintah snapang dalam command line kemudian enter.
  • Masukan angka sebagai sudut awal pengganti sudut nol. Selesai. 
  • Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan ortho mode ketika menggunakan metode snapang,karena jika kita tidak mengaktifkan ortho mode maka kursor akan tetap bergerak bebas seperti tidak kita rubah sudut dasarnya. 

Mengenal Perintah Snapang dalam AutoCAD.
Kursor sebelum snapang

Mengenal Perintah Snapang dalam AutoCAD.
kursor setelah snapang

Sekian semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:22 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN