Home » » Cara merubah AutoCAD 2016 menjadi semi Klasik.

Cara merubah AutoCAD 2016 menjadi semi Klasik.

Cara merubah AutoCAD 2016 menjadi semi Klasik.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,sudah pernah coba mengoperasikan AutoCAD 2016 belum,kalau belum saya saranin untuk menginstall dan mencobanya,tapi kalau sudah pernah mencoba mengoperasikan AutoCAD 2016 kita boleh ngobrol-ngobrol sebentar tentang AutoCAD 2016 menjadi semi klasik.

Sebelum kita membahas cara merubah AutoCAD 2016 menjadi semi klasik maka ada baiknya kita mencari tahu dulu penyebab mengapa AutoCAD 2016 mesti atau perlu untuk dirubah menjadi semi klasik,memangnya AutoCAD 2016 pada waktu pertama kali di install menggunakan Workspace setting apa..?

AutoCAD 2016 pada pertama kali di install akan menggunakan workspace setting yakni drafting & annotations,dan workspace yang tersedia di dalam AutoCAD 2016 selain drafting & annotation adalah 3D Modeling dan 3D basics.

AutoCAD Klasik menghilang dari AutoCAD 2016.

Menghilangnya workspace setting AutoCAD Classic dari AutoCAD sebenarnya sudah dimulai dari AutoCAD rilis tahun 2015 yang lalu,tetapi sampai sekarang masih menjadi sesuatu yang viral untuk dipertanyakan oleh para pengguna AutoCAD.

Pertanyaan-pertanyaan mengapa AutoCAD klasik hilang dari AutoCAD,bagaimana cara merubah AutoCAD 2015 atau 2016 dst menjadi AutoCAD klasik kembali,ada juga yang justru malah bingung dengan tampilan AutoCAD yang bukan AutoCAD klasik dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainya.

Kejadian-kejadian seperti diatas secara pribadi saya maklumi dan fahami,karena bagi mereka yang memulai belajar dan juga bergelut didalam dunia AutoCAD menggunakan AutoCAD rilis sebelum tahun 2014 masih bisa merasakan fasilitas AutoCAD klasik,meski sudah diperkenalkan workspace & annotations dari AutoCAD rilis tahun 2009.

Jadi faktor kebiasaan dan sudah merasa nyaman atau istilahnya familiar dengan AutoCAD klasik inilah yang menjadikan seorang pengguna AutoCAD enggan untuk mencoba fasilitas lain yang ditawarkan oleh Autodesk,padahal semua fitur yang dimunculkan oleh Autodesk ini demi kenyamanan,kemudahan para penggunanya termasuk kita ini.

Lalu mengapa kita jadi yang seperti alergi terhadap tampilan AutoCAD selain AutoCAD klasik..?

AutoCAD 2016 Menjadi semi klasik.

Mungkin untuk langsung beradaptasi dengan workspace AutoCAD yang baru yakni drafting annotation kita masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar,untuk itu saya memiliki solusinya yakni bagaimana caranya AutoCAD yang kita miliki berada ditengah-tengah antara workspace drafting & annotations dan AutoCAD Classic dengan bahasa lainya bagaimana kita membuat AutoCAD 2016 menjadi semi klasik.

Apa maksudnya dari tampilan AutoCAD menjadi semi klasik tersebut….?

Pada sebuah AutoCAD yang menggunakan Workspace selain AutoCAD Klasik maka kita tidak akan menjumpai menubar apalagi toolbar justru ini yang menjadi sumber masalah bagi mereka yang sudah kadung cinta mati sama tampilan AutoCAD klasik,karena yang muncul hanya ribbon panel.

Padahal ribbon panel itu serupa tapi tak sama dengan menubar,didalamnya juga sudah terdapat toolbar-toolbar yang biasanya dipergunakan pada AutoCAD klasik,tapi yoweslah namanya juga sudah kadung cinta itu tadi sama yang namanya AutoCAD klasik ya tetep aja minta tampilan AutoCAD masih ada klasik-klasiknya juga.

Kita akan ambil garis tengah atau win – win solutions,bagaimana kalau workspace yang dipergunakan tetap drafting & Annotations tetapi ditambahkan menubar seperti pada tampilan AutoCAD Klasik..?

Cara membuat AutoCAD semi klasik.
  • Masukan perintah MENUBAR pada kolom perintah.
  • Masukan nilai sistem variabelnya dengan angka 1 ( satu ).
  • Selesai maka menubar akan muncul dibagian atas ribbon panel.

AutoCAD Tangerang
AutoCAD semi klasik

Cara menghilangkan menubar.
  • Masukan perintah MENUBAR pada kolom perintah.
  • Masukan nilai sistem variabelnya dengan angka 0 ( nol ).
  • Selesai maka menubar akan hilang tinggal ribbon panel.

AutoCAD Tangerang
Drafting & Annotations

Demikianlah cara membuat tampilan AutoCAD menjadi semi klasik,saran saya cobalah untuk beradaptasi dengan tampilan AutoCAD yang terbaru yakni drafting & annotations jagan selalu ketergantungan dengan AutoCAD klasik,karena semakin kedepan fitur yang disediakan AutoCAD akan semakin maju dan canggih.

Jika masih kurang maksimal juga dengan tampilan AutoCAD semi klasik tersebut,maka rubahlah AutoCAD anda dengan benar-benar menjadi klasik,adapun cara untuk membuat AutoCAD menjadi klasik dapat dibuka pada tulisan saya dengan judul cara singkat merubah AutoCAD menjadi klasik.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:18 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN