Home » » Belajar proyeksi isometri

Belajar proyeksi isometri

Belajar proyeksi isometri.

Rekan AutoCAD Tangerang,pada saat kita membuat sebuah gambar teknik dengan metode 2D terkadang ada beberapa pengguna ( user ) atau pembaca gambar kita sedikit mengalami kendala dalam proses penerjemahanya,untuk itu kita memerlukan sebuah gambar teknik yang langsung dapat mewakili bentuk asli obyeknya,pada saat itulah kita memerlukan sebuah gambar dengan proyeksi isometri.

Tentu ada sebagian kita yang masih asing mendengar kalimat proyeksi isometri, baik pengertianya dan fungsi dari proyeksi isometri tersebut,dengan tulisan ini saya mengajak rekan AutoCAD Tangerang semua untuk mencoba membahas tentang proyeksi isometri dalam gambar teknik.

Pengertian proyeksi isometri.

Proyeksi isometri adalah sebuah proyeksi yang masih tergolong dengan proyeksi aksonometri, Dalam proyeksi aksonometri, sebuah obyek digambar secara tiga dimensi dengan ketentuan sudut proyeksi dan skala pemendekan yang sudah diatur dan ditetapkan sebelumnya. Gambar aksonometri biasanya dipergunakan untuk lebih menjelaskan detil-detil struktur maupun arsitektur gambar perencanaan sebuah bangunan.  Yang termasuk gambar proyeksi aksonometri adalah proyeksi isometri, proyeksi dimetri dan proyeksi trimetri.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tulisan tentang proyeksi isometri untuk proyeksi dimetri dan trimetric akan saya posting dalam tulisan yang lain di lain waktu.

Sedangkan yang dimaksud dengan proyeksi isometri adalah suatu proyeksi yang mempunyai perbandingan panjang ketiga sumbunya X : Y : Z adalah 1 : 1 : 1.  Jarak antar sumbu membentuk sudut 120 derajat dan besar sudut yang dibentuk antara sumbu x dan sumbu y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.

Agar mengetahui ciri dari gambar isometri ini, lebih baik bila menggambar benda bentuk kubus,karena Dalam penggambaran bentuk isometrik, ukuran ketiga sisinya tetap yaitu = a, sedang kemiringan pada 2 sisinya membentuk sudut 30 ยบ .
AutoCAD Tangerang
Proyeksi Isomteri

Jenis dan bentuk proyeksi isometri.

Ada beberapa jenis dan bentuk penyajian proyeksi isometri,mulai dari proyeksi isometri normal,proyeksi isometri terbalik,dan juga proyeksi isometri horizontal,satu persatu kita aka ncoba bahas jeins dan bentuk proyeksi isometri tersebut dengan diperkuat gambar yang saya ambil dari berbagai sumber untuk memperjelas.

  • Kedudukan proyeksi isometri normal adalah kedudukan dimana besar sudut sumbu x dan y terhadap garis horisontal adalah 30 derajat, sedangkan sumbu z, tegak lurus membentuk sudut 90 derajat terhadap garis horisontal dengan nilai negatif.

AutoCAD Tangerang
kedudukan sumbu isometri normal

  • Kedudukan proyeksi isometri terbalik adalah kedudukan dimana bentuk gambar dari proyeksi isometri normal diputar 180 derajat kearah kanan, sehingga kedudukan sumbu z, tegak lurus membentuk sudut 90 derajat terhadap garis horisontal dengan nilai positif.
AutoCAD Tangerang
kedudukan sumbu isometri terbalik

  • Kedudukan proyeksi isometri horisontal adalah kedudukan dimana bentuk gambar dari proyeksi isometri normal diputar 270 derajat kearah kanan, sehingga kedudukan sumbu x dan y terhadap garis vertikal membentuk sudut 30 derajat, sedangkan kedudukan sumbu z, sejajar dengan garis horisontal kearah positif.
AutoCAD Tangerang
kedudukan sumbu isometri Horizontal


Kalau kita ambil kesimpulan dari contoh dan penjelasan tentang jenis dan bentuk proyeksi isometri maka kita dapat mengambil rumus sumbu perputaran dari proyeksi isometri seperti pada gambar berikut.
AutoCAD Tangerang
kedudukan sumbu isometri normal

AutoCAD Tangerang
kedudukan sumbu isometri terbalik
AutoCAD Tangerang
kedudukan sumbu isometri Horizontal


Demikianlah tulisan singkat tentang proyeksi isometri dalam dunia gambar teknik,saya kumpulkan tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi sebagai seorang drafter AutoCAD dan juga dari berbagai sumber bacaan yang banyak terdapat di dunia internet,semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat saya pribadi dan juga buat rekan – rekan AutoCAD Tangerang semua.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:13 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN