Home » » Kupas tuntas linetype scale dalam AutoCAD.

Kupas tuntas linetype scale dalam AutoCAD.

Kupas tuntas linetype scale dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,dari beberapa kasus para pengguna AutoCAD pada saat menggunakan linetype adalah tidak berfungsi dengan baik atau tidak muncul dengan sempurna linetype yang diepergunakan,sebagai contoh pada saat menggunakan linetype hidden terhadap sebuah garis yang seharusnya terlihat putus-putus ini justru terlihat continue.

Atau linetype nya muncul tetapi tidak proporsional,misalnya jarak garis putus-putusnya terlalu panjang-panjang atau bahkan terlalu pendek sehingga mengakibatkan drawing yang kita buat sebelumnya jadi terlihat kurang bagus atau kurang pas.

Ketika kita mengalami masalah-masalah tersebut diatas maka kuncinya adalah linetype scale,nah apa yang dimaksud dengan linetype scale,bagaimana fungsinya dan baaimana melakukan settingan linetype scale agar menghasilkan linetype yang maksimal.

Pengertian dan fungsi linetype scale.

Linetype scale adalah sebuah settingan atau parameter yang berfungsi untuk merubah suatu parameter asli dari sebuah jenis garis tertentu sehingga menghasilkan jenis garis yang sesuai dengan perbandingan antara unit dengan garis yang ada.

Contoh sebuah garis center secara aslinya berbentuk garis putus-putus ( strip panjang strip pendek strip panjang ) dst,tetapi terkadang garis putus-putus tersebut terlihat seperti garis sambung ( continue ) untuk mengatasi seperti contoh diatas maka kita bisa melakukan settingan terhadap linetype scalenya.

Cara merubah setingan linetype scale.

Secara garis besar merubah setingan linetype scale dalam AutoCAD terdiri dari dua kelompok yakni :
  • Linetype scale global yakni melakukan perubahan linetype scale secara keseluruhan terhadap bentuk garis non continue yang sudah dihasilkan atau baru akan dihasilkan pada saat menggambar menggunakan AutoCAD.

Pada saat kita melakukan settingan terhadap linetype scale secara global ( keseluruhan ) maka secara otomatis seluruh garis yang non continue akan berubah skalanya mengikuti settingan yang baru dibuat tersebut,beberapa jenis garis ( linetype ) yang berubah seperti center,hidden,phantom,dashdot dsb.

Adapun cara melakukan settingan linetype scale metode global adalah dengan cara sbb :
  1. Masukan perintah lintypescale atau ketik LTS kemudian enter.
  2. Masukan angka scale factor misalnya 1 kemudian enter.

  3. Ket : scale factor 1 dan seterusnya keatas akan menghasilkan linetype yang lebih besar dari scale factor kurang dari angka 1 kebawah.


  • Linetype scale obyek yakni melakukan settingan atau perubahan linetype scale hanya pada obyek tertentu dengan tidak mempengaruhi linetype scale obyek yang lain.

Adapun cara melakukan settingan linetype scale metode obyek adalah sbb :
  1. Pilih obyek yang akan di rubah linetype scalenya.
  2. Masukan perintah properties atau ketik PR enter.
  3. Setelah muncul properties dialog box :
  4. Scale factor pada parameter linetype scale baik untuk lebih besar maupun lebih kecil.
  5. Selesai.


Tips linetype scale dalam AutoCAD.

Jika kita sudah faham dengan linetype scale metode global maupun linetype scale metode obyek bahkan sudah di praketikan pada saat proses menggambar menggunakan AutoCAD maka sangat idealnya adalah kita bisa mengkombinasikan kedua metode linetype scale tersebut.

Demikian tutorial AutoCAD tentang linetype scale semoga bermanfaat dan terima kasih.






 

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:30 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN