Home » » Pentingnya layer dalam AutoCAD drawing.

Pentingnya layer dalam AutoCAD drawing.

Pentingnya layer dalam AutoCAD drawing.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,penggunaan layer dalam menggambar menggunakan AutoCAD merupakan hal yang pokok dan mutlak,artinya jika kita menggambar menggunakan AutoCAD tanpa menyertakan layer dalam proses tersebut maka gambar yang akan dihasilkan akan tidak standard.

Menggambar tanpa menggunakan layer artinya kita menggambar hanya menggunakan layer 0,layer yang otomatis dibuat oleh AutoCAD,nah kebayang kan kalau kita menggambar semua obyek hanya dalam satu layer,layer benda,dimension,arsir dsb menumpuk dalam satu layer saja.

Menggambar hanya menggunakan satu layer saja sebenarnya sah-sah saja jika hanya untuk konsumsi sendiri tidak untuk dipergunakan oleh orang lain,kalau sudah bertujuan untuk orang lain maka penggunaan layer adalah sebuah keharusan alias mutlak.
AutoCAD Tangerang
layer in AutoCAD.
image by. CAD notes

Beberapa keuntungan menggambar menggunakan layer.

Adanya fitur atau perintah layer yang disematkan Autodesk.inc kedalam AutoCAD tentu memiliki tujuan tertentu yang berguna mempermudah bagi pengguna AutoCAD,baik sebagai user atau drafternya.
  • Mempermudah identifikasi obyek, sebuah obyek dalam gambar AutoCAD memiliki identitas yang berbeda-beda dengan obyek yang lain atau lebih dikenal dengan istilah properties mulai dari nama,jenis garis,tebal tipis garis dan warna semua ini bisa dengan mudah kita kendalikan menggunakan fasilitias layer.
  • Penyeragaman identitas ( properties ) obyek,jika kita menggambar tanpa menggunakan layer maka kita akan memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan settingan terhadap layer ( properties ) dari obyek tersebut,misalnya jenis garis,lineweight dsb tetapi ketika kita menggunakan layer maka kita hanya melakukan settingan perubahan – perubahan properties tersebut sekali dari layer saja tidak perlu satu persatu.
  • Presentasi,kita bisa menyembunyikan atau memunculkan layer-layer tertentu saja,ini sangat membantu sekali pada saat kita akan melakukan presentasi kepada orang lain tanpa perlu menghapus beberapa obyek drawing yang tidak ingin kita presentasikan.
  • Memudahkan kontrol,jika kita menggunakan layer pada setiap obyek yang kita buat maka kita akan dengan mudah melakukan kontrol dan melakukan modifikasi terhadap beberapa layer saja tanpa merubah layer yang lain dengan cara menampilkan layer yang akan di kontrol atau di modifikasi sementara layer yang lain bisa kita sembunyikan terlebih dahulu.
  • Mengunci obyek,dengan menggunakan fasilitas layer kita bisa melakukan penguncian obyek drawing yang kita miliki,sehingga dapat meminimalisir terjadinya berpindah,tercopy dsb intinya ter edit atau bahkan terhapus tanpa kita sadari.

Menggambar selalu pergunakan layer.

Menggunakan layer pada saat proses menggambar dalam AutoCAD memang awalnya sangat sulit,terutama yang belum terbiasa karena kita harus mempersiapkan layernya terlebih dahulu,melakukan settingan linetype,lineweight,nama layer dsb,tapi percayalah itu hanya sementara,setelah kita mempersiapkan semua layer dengan segala settingan yang kita perlukan maka selanjutnya kita hanya tinggal menggambar dalam layer yang sudah kita persiapkan tadi.

Bayangkan jika kita menggambar tanpa layer,maka kita harus melakukan settingan-settingan linetype,lineweight color dsb satu persatu,pasti teramat memakan waktu dan sangat menyiksa sekali kan…

Selalu pergunakan layer pada saat menggambar dalam AutoCAD.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:41 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN