Home » » Cara mengatur klik kanan pada AutoCAD.

Cara mengatur klik kanan pada AutoCAD.


Cara mengatur klik kanan pada AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,melakukan pengaturan ulang klik kanan pada mouse AutoCAD ( right click customization) akan sangat menunjang sekali bagi kita pada saat proses mengoperasikan AutoCAD,diantaranya adalah kecepatan memberi perintah karena tidak perlu mengulang – ulang perintah yang sama,memudahkan menampilkan beberapa shortcut menu dsb.

Dengan melakukan Right click customization maka kita akan mendapat banyak pilihan metode perubahan pada fungsi klik kanan,beberapa diantaranya adalah sbb:

AutoCAD Tangerang
Right Click customization

  • Mengatur kesensitifan klik kanan mouse ( time sensitive right click ).

Dengan melakukan pengaturan kesensitifan klik kanan pada mouse maka kita akan mendapatkan dua pilihan yaitu enter dan shortcut menu,dengan penjelasan jika kita melakukan klik kanan dengan cepat maka kita akan mendapatkan fungsi klik kanan menjadi enter,tetapi jika kita melakukan klik kanan dengan sedikit menahannya dalam jangka waktu tertentu maka kita akan mendapatkan fungsi klik kanan menjadi shortcut menu.

Turn on time-sensitive right-click:
Quick click for Enter.
Longer click to display shortcut menu ( longer click duration ….. millisecond ).

Jika kita tidak mengaktifkan kesensitifan klik kanan pada mouse maka kita bisa melakukan pengaturan – pengaturan yang lain yang sangat berguna pada saat proses menggunakan AutoCAD.

  • Default mode.

Pada saat kita merubah pengaturan pada default mode maka kita bisa menentukan pilihan apakah pada saat kita klik kanan tanpa memilih obyek maka klik kanan dapat berfungsi sebagai mengulang perintah terahir yang kita perintahkan kepada AutoCAD atau kita akan memunculkan shortcut menu.

Default Mode.
If no objects are selected,right click means
Repeat last command.
Shortcut menu.

  • Edit mode.

Melakukan pengaturan fungsi klik kanan pada edit mode maka kita bisa menentukan apakah pada saat kita melakukan klik kanan bersamaan dengan proses memilih obyek maka klik kanan dapat berfungsi sebagai mengulang perintah terahir yang kita perintahkan pada AutoCAD atau kita akan memunculkan shortcut menu.

Edit mode.
If one or more objects are selected,right click means
Repeat last command.
Shortcut menu.

  • Command mode.

Jika kita sudah mengetahui pengaturan fungsi klik kanan pada default mode dan edit mode maka yang terahir kita bisa melakukan pilihan fungsi klik kanan pada saat AutoCAD sedang proses sebuah perintah yang kita berikan.

Ketika sebuah perintah sedang proses dalam AutoCAD maka kita bisa menentukan fungsi klik kanan sebagai enter atau short menu yang selalu muncul atau pilihan selanjutnya shortcut menu hanya muncul ketika sebuah perintah yang memiliki option ( pilihan ) sudah berahir prosesnya.

  • Command mode.

If a command is in progress,right click means
Enter.
Shortcut menu always enable.
Shortcut menu enable when command options are present.

Nah demikianlah cara melakukan pengaturan fungsi klik kanan pada mouse AutoCAD,sehingga klik kanan dapat membantu mempercepat proses menggambar menggunakan AutoCAD,ohya untuk mengaktifkan atau cara memunculkan kotak dialog right-click customization ini maka bisa dengan cara seperti dibawah ini :

AutoCAD Tangerang
Right click customization

  1. Masukan perintah op kemudian enter.
  2. Setelah muncul options dialog box pilih tab user preferences.
  3. Ceklis kotak shortcut menus in drawing area ( jika belum di ceklis ).
  4. Kemudian klik tombol right click customization.
  5. Setelah proses setting seperti tersebut diatas selesai maka klik apply & close.

Demikian terima kasih.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:24 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN