Home » » Rahasia quick Dimension di AutoCAD.

Rahasia quick Dimension di AutoCAD.


Rahasia quick Dimension di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,memberi ukuran pada sebuah gambar AutoCAD kita sudah terbiasa menggunakan perintah Dimlinear,dimradius,dimdiameter,dimangular dsb,padahal ada satu lagi perintah untuk memberi ukuran dalam AutoCAD yang sangat luar biasa sekali kegunaanya yakni QUICK DIMENSION.

Tentu sedikit asing tentang quick dimension ini terlebih bagi rekan – rekan yang kurang hobi mengutak atik AutoCAD,dulu saya pun tidak tahu ada perintah quick dimension ini,karena saya pikir dulu sudah nyaman dengan perintah umum yang sering pakai.

Tapi setelah mempelajari dan mencoba menggunakan quick dimension untuk memberi ukuran dalam AutoCAD maka sekarang saya merasa seperti kecanduan untuk selalu menggunakanya setiap memberi dimensi pada gambar AutoCAD.

Lalu apa sih quick dimension tersebut,bagaimana cara menggunakanya dan tentunya apa kehebatanya dibandingkan dengan perintah dimension lainya dalam AutoCAD.
AutoCAD Tangerang
quick dimension

Quick dimension.

Quick dimension ( QDIM ) adalah sebuah perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk membuat dimension pada obyek gambar dalam AutoCAD seperti halnya perintah – perintah dimension lainya hanya saja quick dimension ini lebih ringkas dan cepat hanya dalam satu klik sudah bisa mendapatkan dimensi yang kita perlukan bahkan bisa langsung menggunakan metode – metode dimensi lainya.

Metode Quick dimension.

Seperti halnya perintah – perintah dimension AutoCAD yang lainya,quick dimension juga memiliki beberapa pilihan yang bisa kita manfaatkan untuk mempercepat proses pemberian ukuran terhadap sebuah obyek drawing.

Beberapa metode atau pilihan dari quick dimension adalah sbb :

AutoCAD Tangerang
quick dimension

  • Continues.

Quick dimension dengan pilihan metode continues,maka kita akan mendapatkan hasil ukur seperti halnya ketika kita membuat dimensi menggunakan perintah linear dimension ( DIMLINEAR ) yaitu memberi ukuran titik akhir ( endpoint ) obyek yang searah sumbu X ( horizontal ) mapun searah sumbu Y ( vertical ).

Kunjungi tutorialnya dengan judul quick dimension metode continues.

  • Staggered.

Quick dimension metode staggered ini memberi kita hasil ukur berupa jarak antar dua titik,dengan ketentuan titik – titik atau obyek yang akan kita ukur berjumlah genap,misalnya 2,4,6 dst,jika kita mengukur obyek ganjil selain 1 maka hanya obyek yang berpasangan saja yang akan mendapatkan hasil ukur sementara yang ganjil tidak bisa kita dapatkan ukuranya.

Simak tutorialnya dengan judul quick dimension staggered.

  • Baseline.

Seperti halnya ketika kita akan menggunakan perintah baseline dimension pada umumnya,quick dimension metode baseline ini juga kita akan menghasilkan garis ukur antara titik – titik endpoint sebuah obyek dengan titik – titik endpoint lain yang kita dijadikan sebagai titik awal ( base ),dalam quick dimension base atau titik awal tersebut bernama datumpoint.

Quick dimension metode baseline.

  • Ordinate.

Ordinate dimension dalam quick dimension adalah sebuah metode memberi ukuran sebuah obyek gambar yang nantinya akan menghasilkan garis ukur antara titik – titik endpoint sebuah obyek dengan titik – titik endpoint lain yang kita dijadikan sebagai titik awal ( koordinat 0,0),dalam quick dimension base ( koordinat 0,0 ) atau titik awal tersebut bernama datumpoint sama dengan quick dimension metode baseline.

Ordinat dimension menggunakan quick dimension.

  • Radius.

Menggunakan quick dimension dengan metode radius tidak ada bedanya dengan menggunakan radius dimension,hanya saja ada beberapa caranya yang berbeda tetapi dimensi ukur yang dihasilkan sama dengan ketika menggunakan perintah DIMRADIUS.

  • Diameter.

Quick dimension metode diameter adalah sebuah metode untuk mendapatkan hasil ukur sebuah obyek berbentuk lingkaran atau setengar lingkaran ( arc ),caranya sama dengan ketika menggunakan quick dimension metode radius,sedangkan untuk hasil ukurnya sama dengan ketika menggunakan perintah DIMDIAMETER.

Dimradius dan dimdiameter menggunakan quick dimension.

  • Datumpoint.

Datumpoint menggunakan quick dimension bertujuan untuk menentukan titik – titik endpoint sebuah obyek yang akan dijadikan sebagai titik awal/base ( datum ) yang nantinya dipergunakan untuk mengukur sebuah obyek menggunakan baseline dimension maupun ordinate dimension.

  • Edit.

Edit pada saat menggunakan quick dimension bertujuan untuk menambah atau menghilangkan titik – titik snap pada sebuah obyek sehingga kita dapat mempergunakanya kembali untuk keperluan pemberian dimensi berikutnya.

  • Setting.

Setting pada quick dimension diperuntukan untuk pengaturan apakah kita akan mengukur sebuah obyek gambar berdasarakan titik endpoint saja atau intersection saja.

Demikian tentang quick dimension dalam AutoCAD,ikuti step by step tutorial yang saya tuliskan diatas,mudah2an quick dimension ini dapat membantu kita dalam mengoperasikan AutoCAD.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:49 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN