Home » » Memahami hakikat menjadi seorang drafter.

Memahami hakikat menjadi seorang drafter.


Memahami hakikat menjadi seorang drafter.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,profesi sebagai seorang drafter memang profesi yang masih menjadi pilihan bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia terutama mereka yang tinggal dan bergelut di dunia industri.

Menjadi seorang drafter terkadang menjadi sebuah impian bagi kalangan remaja yang baru menyelesaikan jenjang pendidikan formal,misalnya SMK sederajat atau bahkan mereka yang baru saja menyandang gelar sarjana.

Drafter AutoCAD yang termasuk dalam kategori profesi atau jabatan drafter di dalam dunia industri,semakin tahun semakin memiliki magnet luar biasa untuk dijadikan target sasaran kenaikan karir seseorang,mereka yang semula operator pengen naik jabatan jadi drafter,mereka yang baru lulus sekolah sudah berani mematok cita –cita menjadi seorang drafter.
AutoCAD Tangerang
Drafter AutoCAD

Pengertian drafter.

Drafter adalah seseorang yang bekerja membuat suatu gambar teknik untuk dikemudian hari bisa mempermudah orang lain untuk proses pengerjaan,arsip dan keperluan – keperluan teknik lainya.gambar dari para drafter tersebut memberikan panduan visual serta menunjukkan bagaimana proses suatu produk atau struktur tercipta dan terwujud dalam benda nyata.

Gambar tersebut juga mencakup rincian teknis,menentukan dimensi, bahan,jumlah pesanan,proses pembuatan bahkan spesifikasi – spesifikasi spesial lainya jika diperlukan.

Drafter dalam bahasa asingdisebut dengan istilah draftsman,sementara di Indonesia drafter disebut dengan istilah juru gambar atau tukang gambar. dulu pekerjaan menggambar ini dilakukan dengan cara manual menggunakan meja gambar, penggaris, pensil, penghapus, pena rapido (salah satu produknya bernama Rotring dengan ketebalan yang bervariasi dari 0,1mm bisa sampai dengan 2mm), kertas putih berbagai ukuran dari A4 sampai A0, kalkir dan  perangkat menggambar lainnya.

Pada zaman sekarang sudah sangat jarang sekali yang masih menggunakan alat gambar secara manual seperti tersebut diatas,selain membutuhkan kemampuan yang benar – benar mumpuni karena sangat beresiko terjadi kesalahan – kesalahan yang terkadang berakibat fatal, yaah namanya juga manual pasti ada saja titik kesalahanya.

Baru sejak tahun 1980an mulai ditemukannya program komputer untuk mengambar teknik dengan nama CAD (Computer Aided Design) yang lebih tenar dengan sebutan AUTOCAD,suatu program komputer untuk membantu mengambar suatu rancangan produk dengan hasil berupa garis-garis dan simbol-simbol yang mempunyai makna tertentu, hasil akhir produk gambar ini bisa berupa 2 dimensi atau 3 dimensi produk gambar ini menghasilkan kualitas yang lebih detail, rapi dan lebih cepat.

Dengan program Cad ini dapat memudahkan seorang drafter dalam menggambar, orang yang tidak ahli menggambar manualpun bisa menjadi drafter hebat asalkan mau belajar program Cad dan mengerti ilmu teknik yang akan digambarnya. 

Setelah era munculnya CAD ( AutoCAD ) maka banyak sekali bermunculan tempat – tempat kursus yang mengajarkan ilmu gambar menggunakan AutoCAD,alhasil masyarakat yang belajar ilmu gambar secara manual mulai terseingkir,mungkin masih ada yang mengajarkan menggambar teknik secara manual tapi jumlahnya sedikit, biasanya di instansi pendidikan seperti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Universitas yang masih mewajibkan siswa atau mahasiswanya belajar menggambar secara manual, ada juga perorangan yang masih kolot atau orang-orang dulu yang mempertahankan kebiasaan menggambar manual atau yang tidak mau belajar komputer.

Tugas utama seorang Drafter.

Banyak sekali ragam dan jenis drafter CAD tersebut,tergantung dibidang industri apa seorang drafter bekerja,drafter arsitektur,drafter mesin,drafter manufaktur,drafter civil,drafter moulding dsb.tetapi jika kita mau mengerti dan memahami hakikat menjadi seorang drafter hanya satu,tanpa perlu melihat dia bekerja dibidang industri seperti apa.

Hakikat  yang sebenarnya menjadi seorang drafter CAD adalah menjadi penyambung amanat dari pembuat atau perancang gambar ( designer ) untuk kemudian disampaikan kepada bagian lain atau profesi lain ( next proses ) yang nantinya akan dipergunakan sesuai dengan keperluan dan kepentingan pengguna tersebut.

Ketika kita sudah mulai mengerti dan memahami bahwasanya hakikat menjadi seorang drafter adalah orang yang mendapat titipan ( amanah ) dan kemudian hari harus disampaikan kepada orang lain secara utuh,jelas,tidak setengah – setengah maka sangat diharapkan apa yang dihasilkan oleh seorang drafter itu harus komplit dan sejelas- jelasnya,mulai dari gambar yang jelas,dimensi yang komplit,penempatan view yang mudah dibaca,annotations yang sempurna sehingga orang yang akan menerima dan menggunakan gambar teknik tersebut tidak terjadi keragu – raguan dan salah tafsir alias salah baca gambar.

Untuk itu saya menyaranakn kepada rekan – rekan AutoCAD Tangerang baik yang sudah menjadi drafter atau yang belum dan mempunyai cita – cita menjadi drafter maka jadilah drafter yang benar – benar bisa membuat orang lain memahami gambar teknik kita dengan tidak merasakan keragu –raguan sama sekali ketika membacanya,ini tentu perlu waktu dan jam terbang yang tidak sebentar,tapi jika rekan – rekan semua terus berusaha memperbaiki diri dan terus berlajar maka saya jamin anda akan menjadi drafter yang hakiki.

Hindari menjadi seorang drafter yang hanya membuat dan menggambar apa yang dierpintahkan atasan tanpa menganalisa apakah gambar tersebut sudah terwakili semua dimensinya,sudah jelas bentuk dan penempatan view dsbnya,jangan ketika orang lapangan complain kita jawab saya Cuma disuruh seperti itu,Tanya saja langsung ke yang buat sketsa..inilah ciri drafter AutoCAD yang belum menyadari hakikat menjadi seorang drafter.

Drafter AutoCAD adalah drafter yang sudah memahami hakikat menjadi seorang drafter AutoCAD.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:04 PM

12 comments:

  1. kikikikikkk... saya jadi bernostalgia baca ini pak, jadi ingat zaman STM gambarnya pakai rotring dan meja gambar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mamen...generasi jaman old berarti ya dirimu,karena gambar masih pakai rotring dan meja miring ya

      Delete
  2. aku masih gambar manual.. >.<
    hari gini masih pake meja gambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ngeledek aja nich boss jeki..ya namanya dulu adanya begitu..

      Delete
  3. Menjadi seorang drafter ngga mudah ya,mas.
    Ilmu matematikanya harus kuat.
    Kalo ngga, ukuran bangunan bisa ngga presisi.

    Betul ngga,mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih..AutoCAD mengkombinasi antara otak kanan dan juag otak kiri gan..kikiki

      Delete
    2. Salut sama para drafter ...
      Bisa bikin gambar rincian secara detil dengan komposisi yang tepat untuk rancang bangun.

      Aku salut,tapi aku tak ada kemampuan jadi seorang drafter.
      Nyerah 😁

      Delete
    3. kalo nyerah lambaikan tangan ke arah kamera ya gan...

      Delete
    4. Aku dah dari tadi melambaikan tangan ke kamera ...
      Tapi,kok ...
      Crew kameramennya ngga datang-datang yaa ?

      Jangan-jangan kameranya ngga dinyalain 🤔
      Waaah , payah nih ...
      Udah pasang banyak gaya, eh kameranya padam
      Hahahaha 😃 !

      Delete
    5. bahahaha...crew kekernya mungkin yg lupa

      Delete
  4. Jadi ingat waktu kuliah dulu disuruh menggambar suatu mesin dan diberi waktu 4 jam.

    waktu segitu berasa 30 detik, tiba-tiba saja sudah habis dan harus segera dikumpulkan.

    tapi dosennya asyik, sehingga bisa digambar dengan baik juga.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha kenangan dan pengalaman yang menyenangkan juga menegangkan yak bro...thanks dah mampir ke blog ini

      Delete

ADMIN