Home » » Rahasia di balik command line AutoCAD.

Rahasia di balik command line AutoCAD.


Rahasia di balik command line AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,command line sepertinya sudah tidak bisa terpisahkan dalam AutoCAD,meski kita diberi pilihan untuk menampilkan atau tidak menampilkan command line tersebut dalam layar AutoCAD nyatanya masih banyak sekali pengguna AutoCAD yang masih menampilkan command line pada layar AutoCAD mereka.

Banyak sekali alasan bagi pengguna AutoCAD yang masih menampilkan command line dalam layar AutoCADnya,terlepas dari apa dan mengapa alasan mereka tetap menampilkan command line dalam layar AutoCADnya kali ini saya ingin berbagi rahasia di balik itu semua.

Rahasia command line.

Mungkin terlihat berlebihan ketika saya menyebutkan rahasia dibalik command line AutoCAD,tapi jika kita perhatikan lebih seksama lagi memang command line ini menyimpan beberapa rahasia yang jika para pengguna AutoCAD menyadarinya maka bukan tidak mungkin para pengguna AutoCAD akan merasakan manfaat yang sangat luar biasa sekali dengan adanya command line tersebut.

Para master AutoCAD tentu sudah faham betul rahasia dibalik command line AutoCAD,tetapi bagi rekan rekan yang belum mahir atau masih dalam taraf belajar AutoCAD ( seperti saya sendiri ) tidak, atau belum menyadari rahasianya makanya saya mencoba menuliskan tentang rahasianya.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan kebetulan saya pernah membaca sebuah artikel tentang rahasia command line dalam AutoCAD yang saya sudah lupa nama situs tersebut,Cuma isi dari artikel tersebut masih saya ingat dan masih saya praktikan sehingga saya merasakan keajaiban rahasia command line tersebut.

  • Komunikasi dengan AutoCAD.

Kita sebagai pengguna AutoCAD memerlukan sebuah alat komunikasi dengan AutoCAD itu sendiri,nah command line inilah tempat kita berkomunikasi,berinteraksi dan diskusi tentang apa yang akan kita perintahkan kepada AutoCAD,apa yang kemudian AutoCAD minta kepada kita.
Seperti ketika kita menjalankan perintah line dalam AutoCAD jika kita terjemahkan bisa jadi seperti ini.

Man : saya akan membuat garis.. ( Line enter )
CAD : ok,tentukan titik pertama ( Line specify first point ).
Man : klik sebagai titik pertama
CAD : OK dimana titik selanjutnya ( Line specify next point or undo ).

Nah seperti itu gambaran mudahnya jika kita bisa memanfaatkan command line sebagai alat komunikasi kita dengan AutoCAD,selain mempermudah langkah apa yang akan kita kerjakan ketika sedang menggambar command line juga memberitahu kita apa yang tidak boleh kita lakukan ketika sedang menggambar.

  • Menentukan pilihan metode.

Sebuah perintah dalam AutoCAD terkadang memiliki beberapa pilihan yang berada dalam satu perintah,misalnya perintah rectangle maka kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan metode membuat rectangle ( Chamfer,Fillet,Elevation,thickness dan width )dst.

Nah dengan adanya command line ini kita bisa mengetahui pilihan – pilihan yang diberikan AutoCAD kepada pengguna AutoCAD untuk lebih mempercepat proses dan menyederhanakan perintah.


AutoCAD Tangerang
Command line untuk menetukan metode

  • Pencarian perintah.

Para pengguna AutoCAD tidak semua hafal command alias perintah – perintah AutoCAD yang banyak sekali perintahnya,terlebih yang belum memiliki command alias pribadi ( acad.pgp ) tentu akan mengalami sedikit kesulitan ketika akan mencari command sebuah perintah AutoCAD.

Pada AutoCAD yang rilis tahun 2012 s/d 2018 masalah ini sudah mulai di atasi oleh Autodesk yakni dengan memanfaatkan command line yang nantinya kita hanya perlu mengetikan beberapa abjad saja maka perintah – perintah AutoCAD yang ada kaitanya dengan abjad yang kita ketik tersebut akan muncul dengan sendirinya dan kita tinggal pilih,kalau saya menggunakan istilah pop up command.

Dengan pop up command tersebut maka ketika kita akan mencari perintah  yang ada kaitanya dengan dimensi misalnya maka kita tinggal ketikan DIM pada command line maka semua perintah AutoCAD yang menggunakan unsur DIM akan muncul pada layar dan kita tinggal memilih mana yang akan kita pergunakan.
AutoCAD Tangerang
Command line untuk Mencari perintah

  • Pencarian content.

Setali dua uang dengan pencarian perintah seperti saya jelaskan diatas maka command line ini dapat juga berfungsi untuk mencari content misalnya block,ya dengan kita mengetikan tulisan block saja maka block – block yang pernah kita buat dan mungkin saja kita lupa namanya akan muncul pada pop up command dan kita tinggal klik block tersebut maka block yang kita inginkan akan muncul seperti layaknya kita menggunakan perintah insert block.
AutoCAD Tangerang
Command line untuk mencari content

  • Papan informasi.

Command line juga bisa kita manfaatkan menjadi mesin penghitung obyek yang handal,baik kelihatan secara kasat mata maupun obyek yang bertumpuk.

Misalnya kita akan menghitung sebuah lobang bor dalam sebuah area plate maka kita bisa memanfaatkan command line dengan cara kita blok semua lobang yang ada yang akan kita hitung jumlahnya kemudian lihatlah pada command line maka akan tertera disitu berapa obyek yang terseleksi nah itulah jumlah lingkaran yang kita cari tersebut.

AutoCAD Tangerang
Command line untuk mencari informasi


Demikianlah beberapa rahasia tentang command line dalam AutoCAD,mungkin masih banyak sekali rahasia yang ada di balik command line tersebut,yang saya sajikan adalah yang pernah saya praktikan sehari – hari ketika menggunakan AutoCAD,jika rekan – rekan ada yang memiliki rahasia lain di balik command line tersebut silahkan komentar di bawah postingan ini..thanks



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:46 PM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN