Home » » Settingan Awal AutoCAD Sebelum Menggambar.

Settingan Awal AutoCAD Sebelum Menggambar.


Settingan Awal AutoCAD Sebelum Menggambar.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,Sebelum melakukan proses penggambaran sebuah objek pada AutoCAD, sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan beberapa settingan – settingan dasar agar AutoCAD yang akan kita pergunakan sudah siap dan memenuhi standard.

settingan – settingan dasar atau settingan awal ini bertujuan untuk mempermudah proses pembuatan sebuah gambar teknik,menghindari kesalah pahaman terhadap pembaca drawing kita,dsb.

Settingan awal AutoCAD.

Settingan Awal AutoCAD ini pada dasarnya hanya pada saat pemakaian AutoCAD pertama kali setelah menginstal AutoCAD,atau ketika akan melakukan perubahan setelah settingan awal dibuat,dan biasanya settingan awal AutoCAD ini tidak akan berubah kalau hanya ketika komputer dimatikan,settingan ini akan langsung berubah ketika kita melakukan pencopotan instalasinya ( uninstall ).

  • Menentukan satuan area kerja.

sebelum memulai proses menggambar menggunakan AutoCAD maka hal pertama yang bisa kita lakukan adalah melakukan settingan unit kerja untuk area keseluruhan area drawing yang kita sehingga tidak terjadi kesalah fahaman pada saat gambar tersebut akan dipergunakan oleh orang lain.

ada beberapa unit drawing yang bisa kita pergunakan pada AutoCAD tergantung jenis drawing yang akan kita hasilkan,dan juga terkadang tergantung pada standard yang terlah disepakati oleh Negara masing – masing pengguna AutoCAD tersebut.

Kita bisa memilih unit inchi,feet,centimeter,millimeter dsb.tetapi sekedar informasi bahwasanya standard unit yang Indonesia anut adalah metric alias millimeter,gram,second atau lebih sering disebut dengan istilah mmgs.

Cara merubah satuan area kerja dalam AutoCAD : 
  1. Ketik -dwgunits (enter)
  2. Kemudian pilih nomornya, jika ingin menggunakan milimeter, ketik 3 (enter)
  3. Enter 5x untuk mengakhiri perintah.

AutoCAD Tangerang
Setting Area kerja AutoCAD

  • Mengatur Penggunaan Units.

Melakukan settingan units dalam AutoCAD tidak berbbeda jauh dengan mengatur area kerja seperti point diatas,hanya saja Pengaturan units dalam AutoCAD ini sangat membantu pada saat proses plotting di kertas dan juga lebih memudahkan pengaturan skala yang digunakan.

Cara mengatur units dalam AutoCAD.
  1. ketik units (enter).
  2. Kemudian muncul drawing units dialog box.
  3. Silahkan melakukan settingan – settingan pada dialog box diatas,seperti untuk insertion scale biasanya yang dipergunakan milimeters untuk area pekerjaan yang relatif kecil sampai sedang sementara untuk area yang lebih luas lagi bisa menggunakan satuan meter dsb.

AutoCAD Tangerang
Setting Units AutoCAD

  • Mengaktifkan Objek Snap

Melakukan settinga objek snap bertujuan untuk mempermudah melakukan seleksi pada bagian objek kerja,ada enppoint,midpoint,center,quadran dsb.jika ingin semua objek snap aktif silahkan pilih semua ceklist yang ada untuk mengaktifkan seluruh objek snap, namun ada dapat memilih fungsi objek snap sesuai dengan keinginan.

Cara mengaktifkan objek snap.
  1. Ketik ds (enter).
  2. atau ketik OS enter.
  3. Setelah  muncul drafting settings dialog box.
  4. Pada objek snap tab, centang semua options yang ada.
  5. Ceklist kotak object snap atau tekan tombol F3.
  6. Selesai.

 
AutoCAD Tangerang
Setting Object Snap AutoCAD
  • Mengaktifkan Hardware Acceleration.

Salahsatu settingan yang terkadang terlupakan adalah mengaktifkan hardware acceleration atau bisa juga disebut dengan istilah graphics performances,karena sebenarnya settingan ini secara otomatis sudah aktif atau on,tetapi tidak ada salahnya jika kita melakukan settingan tersebut sekaligus melakukan pengecekan.

Settingan Hardware accelaration ini bertujuan untuk membuat hasil gambar AutoCAD menjadi lebih smooth/halus tidak terputus-putus atau terkotak – kotak ketika membuat lingkaran yang kecil dan kompleks.

Cara setting Hardware accelerations :
  1. Ketik graphicsconfig (enter).
  2. Kemudian akan muncul graphic performance dialog box.
  3. Pada effect settings aktifkan menjadi on.

 
AutoCAD Tangerang
Setting Hardware Acceleration AutoCAD
  • Settingan Optional.

Settingan – settingan dasar sebelum AutoCAD dipergunakan setelah di install yang berikutnya yang tidak kalah penting adalah settingan optional ( OP ).mengapa disebut settingan optional karena kita sebagai pengguna AutoCAD boleh melakukan pengaturan – pengaturan yang ada di dalamnya sesuai dengan selera dan keinginan kita sendiri.

Ada beberapa point yang tidak kalah penting pada Options dialog Box yang mesti kita setting terlebih dahulu sebelum menggunakan AutoCAD pada waktu setelah AutoCAD di install seperti :
  • Display.
  • Open and Save.
  • User Preference.
  • Selections.
  • dsb.


cara melakukan settingan Optional pada AutoCAD :
  1. ketik OP ( enter ).
  2. Kemudian akan muncul Options Dialog Box.
  3. setelah melakukan settingan – settingan yang kita inginkan.
  4. OK selesai.

AutoCAD Tangerang
Setting Option AutoCAD

Demikianlah beberapa settingan pada AutoCAD yang perlu anda lakukan sebelum melakukan proses penggambaran objek,semoga bermanfaat buat rekan AutoCAD Tangerang semua.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:24 PM

4 comments:

  1. makasih mas, jadi paham cara settingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..terima kasih mas boss sudah mau berkunjung ke blog ini

      Delete
  2. wah baca ini jadi teringat masa lalu, saat masih kerja gambar mulu pakai autocad :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah begitulah bu..sekarang sudah jadi kenangan yak..mudah2an banyak generasi yang akan datang semakin maju menguasai AutoCAD..amiin

      Delete

ADMIN