Home » » ARCTEXT melengkung kebawah di AutoCAD.

ARCTEXT melengkung kebawah di AutoCAD.

ARCTEXT melengkung kebawah di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,setelah beberapa waktu yang lalu saya menuliskan tutorial tentang cara membuat teks melengkung dalam AutoCAD menggunakan perintah ARCTEXT,kemudian sudah kita bahas juga mengenai settingan posisi teksnya yang kita sebut dengan setting aligment maka kali ini saya ingin mengulas tentang ARCTEXT melengkung kebawah.

Jika rekan AutoCAD Tangerang ingin kembali berkunjung ke tulisanya sebelumnya silahkan kunjungi :


Pada saat kita membuat teks melengkung menggunakan perintah arctext maka teks yang akan dihasilkan akan selalu mengikuti garis lengkung ( ARC ) yang sudah kita persiapkan sebelumnya,ARC tersebut bisa saja melengkung keatas,kebawah,atau justru kesamping.

Jika kita membuat teks melengkung mengikuti ARC yang melengkung keatas mungkin tidak menjadi masalah karena secara default perintah ARCTEXT langsung bisa di praktikan untuk garis lengkung ke atas.

Nah permasalahan pada saat membuat teks melengkung dengan acuan garis lengkung kebawah biasanya adalah teks yang terbalik dari yang kita inginkan,untuk itulah kita perlu mengetahui settingan bagaimana caranya agar teks yang melengkung tersebut bisa sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara setting posisi teks pada perintah ARCTEXT.

Pada saat kita membuat teks melengkung di AutoCAD terkadang kita harus bertemu dengan teks yang melengkung kebawah,nah dengan kita melakukan settingan posisi teks seperti yang akan kita bahas dibawah ini maka kita akan bisa membuat teks melengkung  baik kebawah maupun keatas.

Tutorial cara setting posisi pada arctext adalah sebagai berikut :

  • Buatlah ARC terlebih dahulu.
  • Masukan perintah ARCTEXT atau Klik express tool dari menubar kemudian pilih text dan pilih ARC-ALIGNED TEXT.
  • Klik garis ARC yang sudah disiapkan diatas.
Setelah muncul kotak ARCALIGNEDTEXTWORKSHOP-CREATE maka :
  • Klik tab format kemudian klik position dan tentukan pilihan posisinya.
  • Atau klik tombol seperti gambar dibawah ini untuk memilih aligmentnya.
  • Isi dengan teks yang di inginkan.
  • Jangan lupa untuk Setting tinggi teks,width factor,offset from arc, dll.
  • Klik tombol ok untuk mengahiri perintah.
Jika kita sudah berhasil melakukan settingan – settingan Position tersebut maka kita akan bisa menghasilkan tulisan melengkung seperti terlihat di gambar berikut ini :

ARCTEXT Position Convex side :
AutoCAD Tangerang
ARCTEXT METODE CONVEX SIDE

ARCTEXT Position Cancave side :
AutoCAD Tangerang
ARCTECT METODE CONCAVE SIDE


Demikian tutorial ARCTEXT untuk memilih posisi teks yang kita inginkan baik untuk melengkung keatas atau melengkung kebawah,atau bahasa tutorialnya cara setting position convex dan concavepositions pada perintah arctext dalam AutoCAD.

Selanjutnya kita akan mengulas tentang bagaimana membuat teks melengkung menggunakan perintah ARCTEXT hasil teksnya menjauhi titik center lingkaran atau mengarah ke titik center lingkaran seperti contoh gambar dibawah ini :



Jika tertarik silahkan kunjungi langsung tutorialnya DISINI.






Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:42 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN