Home » » Cara settingan awal AutoCAD.

Cara settingan awal AutoCAD.


Cara settingan awal AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,sebelum menggunakan AutoCAD untuk menggambar alangkah baiknya kita melakukan settingan – settingan AutoCADnya terlebih dahulu agar kita tidak mengalami kendala ketika nanti sudah dalam proses menggambar.

Beberapa settingan AutoCAD yang akan kita bahas kali ini sebenarnya atau idealnya sudah pernah kita lakukan pengaturanya pada saat dulu AutoCAD baru dibuka pertama kali sesudah AutoCAD itu baru selesai di install,tetapi terkadang ada juga rekan – rekan pengguna AutoCAD yang masih terlupakan untuk melakukan settingan awal tersebut.

Settingan awal atau pengaturan ini juga berlaku bagi rekan semua yang baru menggunakan AutoCAD bukan pada alat atau komputer sendiri misalnya menggunakan komputer punya rekan yang lain,maka kita perlu untuk memastikan pengaturanya terlebih dahulu.

Adapun beberapa hal yang perlu untuk d isetting terlebih dahulu sebelum menggunakan AutoCAD adalah sbb:

  • Pengaturan area kerja ( Drawing Area ).

Pada pengaturan ini kita perlu memperhatikan standard atau satuan ukuran yang kita pakai,misalnya Inchi,millimeter,centimeter dsb,untuk melakukan pengaturan ini kita bisa masukan perintah DWGUNIT,maka akan muncul kotak dialog yang bisa kita pilih satuan ukuran yang kita inginkan misalnya ketik 3 untuk millimeter,I untuk inches.
pengaturan area drawing

  • Pengaturan Unit AutoCAD.

Pengaturan units dalam AutoCAD sangat membantu pada saat proses plotting di kertas dan juga lebih memudahkan pengaturan skala yang digunakan.
ketik units (enter), akan muncul drawing units dialog box.

Untuk insertion scale biasanya saya gunakan milimeters dan juga apabila konteks pekerjaan mempunyai luas yang lebih besar, saya menggunakan satuan meter.

  • General options atau pengaturan secara umum.

Pada pengaturan ini kita bisa mengatur AutoCAD secara keseluruhan mulai dari display atau tampilan yang akan kita rubah,penyimpanan,pencetakan gambar,satuan gambar,pengaturan grip,crosshair cursor dsb.

Untuk melakukan pengaturan AutoCAD secara umum maka kita tinggal masukan perintah OPTIONS,setelah muncul options dialog Box maka kita bisa melakukan settingan – settingan tersebut diatas sesuai dengan keinginan kita.


  • Object sanp.

Fungsi dari mengaktifkan objek snap yaitu agar anda dapat dengan lebih mudah untuk melakukan seleksi pada bagian objek kerja. Biasanya saya mengaktifkan seluruh objek snap, namun ada dapat memilih fungsi objek snap sesuai dengan keinginan,jika kita tidak mengaktifkan object snap maka kita tidak akan pernah bisa menggambar secara presisi dan tidak bisa menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan kita.

 Ketik ds (enter), akan muncul drafting settings dialog box. Pada objek snap tab, centang semua options yang ada.

  • Mengaktifkan Hardware Acceleration

Bagi pengguna aplikasi AutoCAD seri terbaru 2010 keatas, ada baiknya untuk mengaktifkan mode hadware acceleration agar ketika melakukan penggambaran menjadi lebih smooth/halus tidak terputus-putus.

Ketik graphicsconfig (enter), kemudian akan muncul graphic performance dialog box. Pada effect settings aktifkan menjadi on.

Demikianlah beberapa settingan awal sebelum AutoCAD dapat dipergunakan dengan baik dan benar.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:55 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN