Home » » Faktor penunjang cepat menguasai AutoCAD.

Faktor penunjang cepat menguasai AutoCAD.


Faktor penunjang cepat menguasai AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,belajar AutoCAD memang bukanlah hal yang sulit seperti kebanyakan orang rasakan atau ceritakan,tetapi belajar AutoCAD juga bukanlah hal yang mudah apalagi sepele artinya balajar AutoCAD antara individu satu dengan individu yang lain memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan yang berbeda – beda.

Belajar AutoCAD akan lebih mudah jika kita memiliki beberapa faktor penunjang yang bisa mempercepat proses belajar AutoCAD tersebut,faktor penunjang inilah yang saya sebut dengan rahasia cepat menguasai AutoCAD.

Selama ini mungkin kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita memiliki faktor – faktor penunjang tersebut,hanya saja kita tidak sadar untuk memanfaatkan faktor tersebut sebagai support terhadap kita sehingga kita cepat menguasai AutoCAD.

Faktor penunjang belajar AutoCAD.

Ketika berbicara faktor penunjang belajar AutoCAD maka kita akan mencari tahu faktor – faktor apa saja yang membantu kita untuk lebih mudah mempelajari AutoCAD,mungkin tidak semua faktor penunjang tersebut ada pada diri kita,tapi dengan kita mengetahui faktor – faktor penunjang tersebut kita diharapkan cerdas memanfaatkanya.

Beberapa faktor penunjang percepatan belajar AutoCAD adalah sbb:
  • Pendidikan.

Seseorang yang pernah mengenyam jenjang pendidikan yang mempelajari tentang teknik maka akan lebih mudah mempelajari AutoCAD jika dibandingkan dengan seseorang yang belum pernah atau tidak pernah mengenyam pendidikan berbasis teknik.

Ini tidaklah mutlak tetapi yang saya katakan adalah secara garis besar atau secara potensinya akan lebih mudah orang yang sekolah teknik menguasai AutoCAD jika dibandingkan dengan yang tidak sekolah teknik.

Seperti kita ketahui pada sekolah yang berbasis teknik pasti akan ada meteri pembelajaran tentang teknik,mulai dari mengenal proyeksi,mengenal jenis garis dalam gambar teknik,mengenal koordinat garis bahkan ada beberapa sekolah berbasis teknik yang sudah ada mata pelajaran CAD / CAM.

Nah bagi rekan –rekan yang alumni dari sekolah berbasis teknik ketika ingin belajar AutoCAD kalian sudah memiliki modal yang bisa menjadi faktor penunjang percepatan dalam belajar AutoCAD,kecuali kalian dulu sering bolos pada saat mata pelajarn yang ada kaitanya sama gambar teknik tersebut.

Sementara bagi rekan – rekan yang alumni dari sekolah tidak berbasis teknik,misalnya SMA,madrasah aliyah,SMK ekonomi dsb,ini bukanlah menjadi hal yang mustahil,kalian hanya perlu lebih semangat lagi untuk belajarnya sehingga kekurangan itu dapat segera di atasi.

  • Bekerja di perusahaan yang berbasis teknik.


Orang yang berkeja pada perusahaan yang berbasis teknik akan lebih memiliki faktor penunjang percepatan belajar AutoCAD jika di bandingkan seseorang yang bekerja diperusahaan yang tidak berbasis teknik.

Lumrah saja jika bekerja diperusahaan yang berbasis teknik memiliki potensi lebih besar untuk cepat menguasai AutoCAD karena secara tidak langsung seseorang tersebut akan terbiasa dengan pekerjaan yang berbau teknik,atau bahkan setiap perintah pekerjaan yang akan dikerjakan menggunakan media gambar teknik sebagai acuanya.

Sebagai perumpamaan misalnya karyawan A bekerja diperusahaan fabrikasi pembuatan rak,dengan jabatan tukan amplas ( finishing ),sementara karyawan B bekerja diperusahaan di bidang restoran cepat saji sebagai juru masak ( koki ).

Jika kedua karyawan tersebut sama – sama ingin belajar AutoCAD maka secara dasarnya karyawan A akan lebih mudah untuk menguasai AutoCAD jika dibandingkan dengan karyawan B.
Bekerja di perusahaan yang berdasarkan gambar.

Jika di atas kita sudah bahas faktor penunjang percepatan belajar AutoCAD karena bekerja diperusahaan yang berbasis teknik,kalau sekarang kita akan spesifik faktor penunjang percepatan belajar AutoCAD karena bekerja diperusahaan yang berdasarkan gambar dalam keseharianya.

Ketika seseorang bekerja pada perusahaan yang setiap perintah kerja,target kerja dan control kerja,selalu menggunakan acuan gambar teknik maka seseorang tersebut akan memiliki faktor penunjang percepatan belajar AutoCAD lebih cepat dan mudah.

Misalnya seseorang yang bekerja pada bengkel machining CNC,bengkel pembuatan trails atau pagar rumah dsb,karena secara tidak langsung karyawan tersebut terbiasa membaca gambar menganalisa gambar bahkan sampai melakukan pengecekan hasil kerjanya kembali dengan acuan gambar.

  • Memiliki teman yang sudah menguasai AutoCAD.

Seseorang mempunyai teman akrab yang sudah menguasai AutoCAD akan memiliki potensi lebih besar untuk belajar AutoCAD,ini karena secara tidak langsung akan merangsang seseorang tersebut untuk berkompetisi sehat dengan rekannya tersebut untuk sama – sama memiliki kemampuan menguasai AutoCAD.

Memiliki teman akrab yang menguasai AutoCAD bukan hanya sebagai tempat bertanya ketika kita mengalami kendala saat belajar saja,tetapi jauh dari itu kita bisa menaruh keinginan mengalahkan teman akrab tersebut secara kemampuan AutoCADnya.

Sharing partner dalam AutoCAD merupakan beberapa dari kunci rahasia belajar AutoCAD untuk pemula,untuk itu perbanyaklah teman yang sudah menguasai AutoCAD sebagai faktor penunjang percepatan belajar AutoCAD bagi kita.

Memiliki teman yang sudah menguasai AutoCAD ini sangat berpengaruh terhadap percepatan belajar AutoCAD terlebih jika yang di anggap teman tersebut merupakan Anggota keluarga misal bapak,kakak atau bahkan adik sudah pasti sangat membantu,tapi kebanyakan yang terjadi ketika seseorang ingin menanyakan sesuatu yang tidak kita mengerti terhadap keluarga sendiri justru canggung,lebih nyaman jika sharing dengan orang lain yang tidak serumah.

  • Restu dan doa.

Restu dan doa ini merupakan faktor penunjang percepatan seseorang belajar AutoCAD yang menurut saya paling utama dan paling manjur khasiatnya,karena apapun agama kita pasti mempercayai bahwa jika tuhan sudah berkendak maka tidak ada seseorangpun yang dapat menghalanginya.

Untuk itu saran saya kepada rekan – rekan yang sedang atau ingin belajar AutoCAD maka hal utama yang perlu dipersiapkan adalah memohon do’a dan restu keluarga,bapak,ibu,kakek nenek dan anggota keluarga yang laen,istri atau suami bagi yang sudah berkeluarga,pacarnya bagi yang belum berkeluarga.karena tanpa doa dan restu mereka mungkin bisa jadi proses belajar AutoCAD banyak mengalami kendala alias jadi dipersulit.

Tentu yang tak kalah penting dan harus dilakukan bagi rekan – rekan yang belajar AutoCAd adalah senantiasa memohon do’a dan restu dari Allah tuhan semesta alam,karena hanya tuhanlah yang memiliki kewenangan penuh terhadap apa yang terjadi dimuka bumi ini,jika kita memang diperkenankan untuk menguasai AutoCAD maka semuanya akan dibuat mudah oleh Allah begitu juga sebaliknya jika Allah tidak berkehendak maka sekuat apapun yang kita lakukan akan mengalami kendala yang luar biasa.

Demikian cerita pengalaman saya tentang beberapa faktor penunjang percepatan seseorang belajar AutoCAD.





Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:30 PM

2 comments:

ADMIN