Home » » Mengenal fungsi layer dalam AutoCAD.

Mengenal fungsi layer dalam AutoCAD.


Mengenal fungsi layer dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,pada saat kita menggambar sebuah gambar teknik menggunakan AutoCAD maka kita tidak akan terlepas dari perintah layer,mengapa harus sealu menggunakan layer dan apa sebenarnya fungsi layer tersebut dalam AutoCAD.

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang fungsi layer sebenarnya tutorial cara membuat dan menggunakan layer sudah pernah saya posting di blog AutoCAD Tangerang ini dengan judul :


Layer di dalam AutoCAD memiliki beberapa fungsi yang besar sekali manfaatnya untuk pengguna AutoCAD itu sendiri maupun untuk penerima gambar itu nantinya,terkadang terlihat sepele fungsi dari leyer tersebut tetapi asal rekan – rekan semua tau bahwa sebuah gambar teknik jika tidak menggunakan layer pada saat proses pembuatanya maka drawing tersebut belum sesuai dengan standard internasional.

Cara membuat dan memilih layer setiap obyek gambar tidak selalu sama antara gambar part dengan gambar unit,jika kita menggambar part maka layer yang dominan dibutuhkan adalah garis benda,garis hidden,garis center,arsir,garis dimension dsb yang lebih banyak masih dalam kategori garis,sementara jika kita menggunakan leyer pada sebuah gambar unit maka penamaan layer sudah bukan dominan garis tapi sudah berbentuk part,misalnya baut,mur,kerangka,motor,pompa cylinder dsb.

AutoCAD Tangerang
Layering dalam AutoCAD


Membuat layer pada gambar part maupun membuat layer pada gambar unit semua memiliki tujuan dan fungsi yang sama yang dikelompokan dalam beberapa fungsi sbb:

  • Identitas ( identity).

Setiap obyek dalam sebuah gambar pasti memiliki identitas masing – masing,tidak ada satupun obyek yang terdapat di dalam sebuah gambar tidak memiliki identitas,jika ternyata ada obyek yang tidak memiliki identitas maka gambar tersebut belum sesuai dengan standard gambar kerja.

Seperti pada manusia yang memiliki identitas,terkait nama,tempat dan tanggal lahir,alamat dsb itu juga berlaku pada layer dalam AutoCAD,identitas pada sebuah layer dalam AutoCAD meliputi nama,warna,jenis garis,tebal tipis garis.

Identitas layer dalam AutoCAD itu bisa memiliki kesamaan pada satu titik identitas tetapi memiliki perbedaan pada titik identitas yang lain,atau bahkan berbeda pada semua titik identitasnya,jika semua titik identitasnya sama maka tidak perlu membedakan layernya.

Contoh 1 : ada dua obyek kursi dalam sebuah gambar layout,kursi pertama adalah kursi taman depan yang bentuk dan warnanya sama dengan kursi kedua sedangkan kursi kedua adalah kursi taman belakang,nah penempatan layer yang benar adalah hanya berbeda pada nama saja yakni kursi taman depan dan kursi taman belakang,sedangkan untuk warna,linetype dan lineweight boleh sama.

Contoh 2 : dalam sebuah gambar terdapat gambar obyek baut yang terpasang pada sebuah plate,beberapa gambar baut berada pada pandangan atas ( top view ) sementara beberapa baut yang lain berada pada padangan bawah ( bottom View ) nah akan ada gambar baut yang terlihat nyat sementara ada gambar baut yang lain terlihat tidak nyata,maka penggunaan identitas layer pada gambarnya adalah nama layer tetap sama baut sedangkan warna,linetype,lineweightnya berbeda.
AutoCAD Tangerang
Layer sebagai identitas

  • Revisi,modifikasi ( Editing ).

Fungsi layer pada sebuah gambar AutoCAD lainya adalah untuk keperluan editing,bisa revisi drawing maupun modifikasi drawing,artinya dengan menggunakan layer maka akan sangat mempermudah bagi kita ketika gambar yang kita buat mengalami perubahan terlebih jika perubahan itu hanya sebagian kecil saja.

Misalnya : sebuah gambar rumah yang utuh,suatu ketika letak meja kursi tamu akan digeser,atau kursi meja tamu tersebut akan di ganti dengan kursi meja tamu yang baru,bayangkan jika kita tidak menggunakan layer pada gambar tersebut maka kita akan menghapus satu persatu kemudian memasukan kembali kursi meja tamu yang baru satu persatu dst.

Padahal dengan menggunakan layer maka kita tinggal menonaktifkan seluruh layer yang ada kecuali layer meja,kursi tamu yang lama kemudian kita geser atau masukan obyek meja,kursi yang baru setelah itu aktifkan kembali seluruh layer yang kita nonaktifkan sebelumnya.
AutoCAD Tangerang
modifikasi pada layer

  • Penyajian gambar ( presentasi ).

Sebuah gambar teknik tidak terlepas juga dari proses penyajian gambar,baik penyajian gambar dalam bentuk hard copy atau isitilahnya print out,ada juga penyajian dalam bentuk soft copy atau lebih dikenal dengan istilah presentasi di depan audience menggunakan proyektor dsb.

Pada saat proses penyajian gambar itulah fungsi layer akan memegang peranan penting,mulai dari identitas sampai pemilihan perlu atau tidaknya sebuah layer untuk tampil kepada pembaca gambar.
Misalnya sebuah gambar teknik memuat tentang gambar tangki air,sementara di dalam gambar tersebut terdapat logo merk tanki airnya penguin,karena pada saat penyajian gambar dalam bentuk print out tidak diperkenankan menyebut merk maka layer logo penguin tersebut bisa di nonaktifkan sehingga tidak ikut terbawa pada saat print out.

Contoh yang lain misalnya kita sedang mempresentasikan desain rumah kepada tamu undangan yang datang,secara full utuh,pada saat presentasi kemudian ada pertanyaan dari tukang gali dan tukang batu yang ingin melihat bentuk atau layout pondasi,bayangkan jika kita tidak menggunakan layer maka akan sangat sulit untuk menampilkan gambar pada layar hanya bagian layout atau pondasinya saja,sementara jika kita menggambarnya menggunakan layer maka kita tinggal menonaktifkan seluruh layer selain layer layout atau pondasinya maka semua gambar akan menutup dan yang muncul hanya layer layout saja.
AutoCAD Tangerang
presentasi

  • Keamanan ( security ).

Fungsi layer yang lain yang gak kalah penting adalah keamanan atau security,artinya dengan menggunakan layer kita bisa melakukan pengaturan sebuah layer atau bahkan seluruh layer dapat kita kunci sehingga akan terhindar dari kemungkinan salah hapus,salah move atau salah copy dsb.

Dengan kita mengunci layer kita maka walaupun kita blok seluruh obyek gambar kemudian kita memasukan perintah erase atau delete maka obyek yang tidak dikunci leyernya saja yang akan terhapus sementara untuk obyek yang layernya terkunci tidak akan mengalami perubahan.

Tidak hanya terhindar dari kesalah erase atau delete saja ketika kita mengunci sebuah layer juga kita akan memproteksi layer tersebut dan perintah modifikasi seperti copy,move,rotate,scale dsb.

AutoCAD Tangerang
layer sebagai kunci

Demikianlah beberapa fungsi layer dalam sebuah gambar teknik menggunakan AutoCAD,semoga bermanfaat.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:45 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN