Home » » Persiapan sebelum belajar AutoCAD.

Persiapan sebelum belajar AutoCAD.


Persiapan sebelum belajar AutoCAD. 

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kali ini saya ingin berbagi informasi tentang beberapa komponen yang perlu dipersiapkan oleh seseorang yang hendak belajar AutoCAD,baik secara otodidak maupun dengan mengikuti pelatihan – pelatihan pada lembaga kursus dsb.

Segala sesuatu akan menghasilkan sebuah pencapaian yang maksimal dan sesuai dengan harapan kita jika kita faham dan mampu mempersiapkannya dengan baik,kalau kita mau ambil istilah orang bule PDCA ( Plan,Do,Check,Action) artinya perencanaan adalah hal yang sangat dasar untuk memulai sebuah pekerjaan atau kegiatan.
AutoCAD Tangerang
Persiapan sebelum belajar AutoCAD.

Persiapan belajar AutoCAD.

Perencanaan dan persiapan mungkin bisa kita jadikan sebuah rantai yang saling terhubung dan saling membantu untuk mendapatkan hasil yang dituju bersama,seperti halnya ketika kita memutuskan untuk belajar AutoCAD maka kita juga harus mempersiapkan persiapan – persiapan yang akan diperlukan nantinya pada saat proses belajar AutoCAD.

Adapun beberapa persiapan sebelum belajar AutoCAD adalah sbb:
  • Software AutoCAD.

Sebelum memutuskan belajar AutoCAD tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk mencari tahu tentang apa AutoCAD tersebut,sehingga ketika nantinya sudah benar – benar belajar AutoCAD kita sudah akrab dan familiar seperti istilah popular tak kenal maka tak sayang begitupun AutoCAD,gimana mau belajar dan pintar menggunakan AutoCAD mengenal saja tidak yak an..?

AutoCAD adalah sebuah program perangkat lunak pembuat gambar rancangan dengan bantuan komputer, yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar 2 dan 3 dimensi secara presisi, yang digunakan di dalam bidang konstruksi dan manufaktur.

Software Aplikasi AutoCAD ini pertama kali dirilis ke public pada tahun 1982 oleh Autodesk dan sampai sekarang terus berkembang dan sudah menjadi perangkat lunak CAD paling banyak digunakan diseluruh dunia.

  • Komputer.

Aplikasi AutoCAD tidak akan pernah bisa berjalan tanpa adanya komputer,laptop,notebook atau perangkat canggih lainya,untuk itu sebelum memulai belajar AutoCAD alangkah baiknya untuk mempersiapkan alat komputer ini,karena pengaruhnya besar sekali dalam sebuah proses belajar AutoCAD.

Autocad merupakan software design dan drafting yang memerlukan resource tinggi. Tanpa spesifikasi minimum yang harus dipenuhi saat belajar autocad akan mengalami banyak kendala seperti saat membuat 3D modeling terasa berat atau saat membuka banyak file gambar 2d yang kapasitasnya besar ia akan tersendat-sendat.

Dari banyaknya laptop pabrikan yang ada di pasar laptop indonesia tidak semua cocok menjalankan autocad. Meskipun bisa di install namun spesifikasi yang tidak cocok akan membuat laptop ngos-ngosan. Karena itu jika anda ingin belajar autocad sebainya versi autocad disesuaikan dengan kemampuan laptop yang anda miliki saat ini.

Jadi kesimpulanya adalah sesuaikan aplikasi AutoCAD yang akan di install pada perangkat komputer kita menyesuaikan spesifikasi yang dimiliki oleh komputer itu sendiri,tidak perlu memaksakan menggunakan AutoCAD rilis terbaru jika memang kapasitas alat kita tidak memadai.

  • Metode Belajar AutoCAD.

Menentukan metode belajar AutoCAD merupakan hal yang sangat perlu segera di putuskan karena ini menyangkut juga persiapan – persiapan yang lain misalnya persiapan waktu,biaya dan persiapan – persiapan lainya.

Ada banyak metode belajar AutoCAD secara garis besar dapat dikelompokan diantaranya private AutoCAD,kursus AutoCAD,video tutorial,website,ebook,buku,atau yang paling sering adalah belajar sendiri alias otodidak.


  • Biaya Belajar AutoCAD.

Setelah memutuskan beberapa persiapan – persiapan diatas,kita tidak bisa terlepas dari persiapan berikutnya yang gak kalah penting yakni persiapan biaya karena semua persiapan tidak akan pernah bisa berjalan dengan lencar jika kita tidak mempersiapkan dananya.

Satu contoh yang ingin saya utarakan adalah persiapan biaya untuk belajar AutoCAD menggunakan metode kurus atau private,pada saat ini biaya kursus AutoCAD secara reguler sudah tidak murah lagi terlebih jika kita memutuskan untuk belajar AutoCAD dengan metode private.

Untuk mengikuti kursus autocad, biaya yang harus anda keluarkan biasanya berbeda untuk tiap-tiap daerah, misalnya kursus autocad di Jakarta akan berbeda dengan kursus autocad di Semarang, begitu juga akan berbeda misalnya di daerah tangerang. Namun, secara umum biaya kursus autocad yang harus anda bayar biasa antara 500.00-3.500.000 tergantung dengan tingkat/level kemahiran kursus yang ingin anda ikuti.

Kecermatan memilih tempat kursus terutama soal mutunya sudah harus menjadi target utama,untuk apa kita kursus AutoCAD dengan biaya mahal tapi hasil yang kita dapatkan tetep saja belum bisa menggunakan AutoCAD,untuk itu pilihlah tempat kursus AutoCAD yang biayanya terjangkau tapi mutunya super.

Jika boleh beriklan tempat kursus murah tapi berkualitas untuk daerah tangerang dan sekitarnya bisa anda kunjungi tulisan saya sebelumnya dengan judul Biaya kursus dan private AutoCAD untuk daerah tangerangdan sekitarnya.

Demikian beberapa persiapan – persiapan yang perlu kita persiapkan terlbih dahulu sebelum memutuskan untuk memulai proses belajar AutoCAD,semoga bermanfaat.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:53 AM

0 comments:

Post a Comment

ADMIN