Home » » Cara membuat AutoCAD 2016 keatas menjadi AutoCAD Classic.

Cara membuat AutoCAD 2016 keatas menjadi AutoCAD Classic.


Cara membuat AutoCAD 2016 keatas menjadi AutoCAD Classic.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,mulai dari tahun 2016 sampai dengan AutoCAD rilis tahun 2019 sekarang ini AutoCAD sudah tidak lagi menyediakan workspace setting dalam bentuk AutoCAD Classic yang disediakan hanya drafting & annotation,3D Basics dan 3D modeling.

Bagi para pengguna AutoCAD yang memulai belajar AutoCAD dari tahun sebelum 2016 masih bisa memilih workspace settingnya antara drafting & annotation atau AutoCAD classic,artinya masih sempat melihat perbedaan tampilan antara keduanya,sementara untuk yang memulai belajar AutoCAD dari tahun sebelum 2009 dimana belum disediakan workspace setting drafting & annotation tentu akan kaget dengan tampilan AutoCAD – AutoCAD terbaru.

Dari kasus inilah banyak dari rekan – rekan yang belajar bersama saya menanyakan bagaimana cara membuat AutoCAD yang sebelumnya tidak ada tampilan klasiknya bisa menjadi AutoCAD klasik kembali karena mereka merasa kebingungan dengan tampilan drafting & anntotasion atau lebih mudah disebut dengan istilah ribbon panel.

Sebelum kita belajar bagaimana cara merubah tampilan AutoCAD tahun 2016 keatas menjadi tampilan klasik tidak ada salahnya rekan AutoCAD Tangerang semua mengetahui terlebih dahulu perbedaan tampilan antara AutoCAD klasik dengan AutoCAD ribbon panel ( drafting & annotation ) bisa rekan kunjungi tulisanya dengan judul mengenal workspace setting AutoCAD.

AutoCAD Tangerang
AutoCAD drafting & Annotation


AutoCAD 2016 keatas menjadi klasik.

Jika sudah mengerti perbedaan – perbedaan tampilan workspace pada AutoCAD maka sekarang kita lebih menitik beratkan bagaimana cara merubah tampilan AutoCAD tahun 2016 keatas menjadi tampilan AutoCAD klasik yang sebelumnya ribbon panel ( drafting & annotation ).

Adapun cara untuk merubah AutoCAD 2016 keatas menjadi klasik adalah sbb:
  • Nonaktifkan ribbon panel.

Dengan menonaktifkan ribbon panel maka tampilan AutoCAD akan kembali nol artinya kita hanya akan dihadapkan layar kosong yang belum memiliki workspace setting,seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


AutoCAD Tangerang
menonaktifkan ribbon panel


Cara menonaktifkan ribbon panel adalah ketik ribbonlcose kemudian enter.

  • Menampilkan menubar.

Menubar adalah kumpulan perintah – perintah dalam AutoCAD yang sudah dikelompokan menurut fungsi masing – masing yang sejenis,gambar tampilan menubar dalam AutoCAD adalah sbb :


AutoCAD Tangerang
Menampilkan menubar

Cara menampilkan menubar dalam AutoCAD adalah ketik menubar --> enter,ketik 1 --> enter.
Atau klik pada customize quick acces toolbar kemudian pilih show menubar.

  • Menampilkan toolbar.

AutoCAD klasik identik sekali dengan tampilan toolbar yang tersusun disebelah atas,sebelah kiri dan kanan,nah ketika kita akan membuat tampilan AutoCAD kita menjadi klasik maka kita harus menampilkan toolbar – toolbar tersebut kedalam layar kerja AutoCAD.
AutoCAD Tangerang
AutoCAD Classic

Adapun cara menampilkan toolbar AutoCAD adalah sbb:
Klik tool dari menubar  --> pilih toolbar --> AutoCAD kemudian ceklis toolbar yang akan kita tampilkan.
Ketikan _toolbar --> enter kemudian masukan nama toolbar yang akan kita keluarkan misal draw --> enter.
Ulangi cara tersebut sampai semua toolbar yang kita inginkan sudah muncul semua di layar AutoCAD.
AutoCAD Tangerang
Menampilkan Toolbar

Demikian tutorial AutoCAD kali ini tentang bagaimana cara membuat tampilan AutoCAD tahun 2016 keatas menjadi AutoCAD Classic,semoga bermanfaat.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:32 AM

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat ini bagi yang belajar autocad. Saya sebelumnya pernah juga belajar. Tapi cuma sedikit2

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kawan sudah sempatin mampir,kenapa dulu pernah belajar kok skrg berenti belajar AutoCADnya kawan..lanjutkan lah,,horas dari tangerang

      Delete