Home » » Tutorial DIMSTYLE dalam AutoCAD.

Tutorial DIMSTYLE dalam AutoCAD.


Tutorial DIMSTYLE dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,pada tutorial kali ini saya ingin berbagi tentang DIMSTYLE dalam AutoCAD,mulai dari pengertian,cara pengaturanya dan bagaimana cara menggunakan dimstyle tersebut.

Pada saat menggambar menggunakan AutoCAD dan akan menyajikanya dalam bentuk gambar teknik kita tidak akan terlepas dari proses memberikan dimensi pada gambar terebut,baik itu keterangan ukuran dan juga keterangan – keterangan lainya sebagai pelengkap informasi dari gambar tersesebut.

Pengertian Dimension dan DIMSTYLE.

Dimensi adalah angka,huruf,garis,symbol atau kombinasi antaranya yang bertujuan untuk memberikan keterangan pada sebuah gambar teknik,sehingga segala informasi yang ingin di sampaikan dari pembuat gambar akan mudah di fahami oleh para pengguna gambar ( pembaca ) tersebut .

Demi tercapainya tujuan tersebut maka dimensi dan keterangan – keterangan lainya harus tersaji secara benar dan jelas didalam sebuah gambar teknik,untuk itu para pengguna AutoCAD harus memiliki kemampuan melakukan pengaturan – pengaturan dimension,nah pengaturan dimension inilah yang dalam bahasa AutoCAD disebut dengan istilah DIMSTYLE.

DIMSTYLE adalah sebuah gaya pengaturan dimensi dalam AutoCAD yang bertujuan untuk menghasilkan dimensi yang mudah terbaca,rapih tidak saling bertumpuk (kalo kita boleh meminjam istilah kerenya dimensi dalam autoCAD itu mesti easy looking) menyesuaikan dengan obyek drawing yang ada.

Komponen – komponen dimensi dalam AutoCAD.

Seperti kita telah ulas diatas bahwasanya dimensi itu meliputi garis,angka,huruf,symbol atau kombinasi dari beberapa diantaranya maka komponen pembentuk dimensi itu adalah sbb:

  • Line yaitu Line atau garis pembentuk dimensi diantaranya dimension line,extention line.
  • Symbol and arrow yaitu sebagai lambang penunjuk sebuah dimensi,diantara symbol dan kepala panah dalam dimensi adalah Arrowhead,leader dan center mark.
  • Teks adalah huruf,angka dan kombinasi keduanya dalam dimensi AutoCAD meliputi jenis font,warna font,besar kecilnya font dan penempatan font itu sendiri.
  • Fit adalah sebuah komponen pengaturan dimensi dalam AutoCAD yang berfungsi untuk mengatur bagaimana penempatan teks dimensi dan juga mengatur garis extention line khusus untuk dimensi radius dan diameter ( fine tuning ).
  • Primary unit ini diperuntukan mengatur tingkat presisi dari sebuah dimensi dalam AutoCAD,mengatur muncul atau tidaknya angka dibelakang koma dsb.

AutoCAD Tangerang
Komponen pokok Dimensi

Untuk lebih jelas dan faham bagaimana mengatur sebuah dimension style silahkan buka chanel youtube AutoCAD tangerang dengan judul atau rekan semua bisa kunjungi artikel saya masih dalam kategori dimension dengan judul cara membuat dan mengatur DIMSTYLE dalam AutoCAD.

Demikian secara singkatnya tentang DIMSTYLE dalam AutoCAD,untuk tutorial – tutorial mengenai cara membuat dan menggunakan DIMSTYLE akan saya lanjutkan dalam episode selanjutnya semoga bermanfaat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:59 AM

0 comments:

Post a Comment