Mengenal selectioncycling dalam sistem variable AutoCAD. - AUTOCAD TANGERANG

Mengenal selectioncycling dalam sistem variable AutoCAD.

Thursday, February 7, 2019

Mengenal selectioncycling dalam sistem variable AutoCAD.

ads

Mengenal selectioncycling dalam sistem variable AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kita mengenal banyak sekali sistem variabel yang disediakan oleh AutoCAD,sebagian sudah kita pergunakan dalam pengaturan AutoCAD kita sebagian masih ada yang belum atau tidak terbaisa kita pergunakan,salahsatunya adalah selectioncycling.

Lalu apa yang dimaksud dengan selectioncycling,fungsinya dan kegunaanya serta bagaimana cara pengaturanya dalam AutoCAD akan kita ulas dalam tutorial kali ini.

Semula saya tidak pernah mengenal,mengetahui apalagi mempergunakan perintah selectioncycling dalam keseharian mengoperasikan AutoCAD,sampai suatu ketika saya menemukan keanehan dan kejanggalan pada saat mengoperasikan AutoCAD tepatnya setiap akan memilih obyek yang berdekatan atau bertumpuk maka saya diberikan pilihan untuk memilih obyek yang akan di eksekusi dengan cara mengklik atau mencentrang keterangan obyek tersebut.

Ya karna saya belum tau mesti memilih obyek dengan cara klik tersebut saya bingung dan memilih untuk membuat obyek baru ketika akan mengeksekusi obyek yang bertumpuk,ternyata jangankan bertumpuk berdekatan saja pilihan itu juga muncul kembali..hadewh..

Setelah melakukan tapa pati udud selama beberapa menit saya mencuri kesimpulan bahwa AutoCAD saya ini mengalami kelainan fungsi terutama pada sistem selectionya,apakah dari pengaturan options nya atau sistem variable nya.
Mengenal selectioncycling dalam sistem variable AutoCAD.
selectioncycling


Selectioncycling dalam AutoCAD.

Setelah saya melakukan investigasi menyeluruh pada options dialog box terutama pada tab selection dan tidak menemukan akar permasalahan tersebut disana maka saya memutuskan untuk mencari tahu sistem variable dalam AutoCAD terkait perintah selection dan ketemulah selectioncycling ini.

Selectioncycling dalam AutoCAD adalah perintah yang berfungsi untuk mengatur bagaimana metode pemilihan obyek yang bertumpuk,berdekatan,saling silang dsb yang pada saat bersamaan terpilih dalam area kotak seleksi kursor ( pickbox ) AutoCAD.

Pickbox atau kotak seleksi pada kursor AutoCAD selayaknya kita atur sedemikan rupa agar tidak terlalu besar dan tentu tidak terlalu kecil agar pada saat melakukan seleksi obyek kita tidak mengalami masalah karena terpilihnya obyek – obyek yang tidak kita inginkan untuk di pilih tersebut.

Kembali lagi pada selectioncycling tadi,dengan mengatur sistem variable yang disediakan oleh AutoCAD dalam selectioncycling tersebut maka kita bisa memilih metode seleksi obyek apakah dengan metode pilih satu – satu atau membiarkan semua obyek yang berada pada area pickbox terpilih semua tanpa filter.

Jadi secara garis besar keuntungan dan kerugianya menggunakan sistem variable selectioncycling ini terletak pada bagaimana kenyamanan kita saat akan melakukan seleksi obyek,jika obyek tersebut bertumpuk atau berdekatan saja,untuk obyek – obyek yang sendiri sistem variable ini tidak berfungsi alias tidak berdampak terhadap proses seleksinya.

Pengaturan selectioncycling dalam AutoCAD.

Selectioncycling dalam AutoCAD secara default atau dasarnya menggunakan sistem variable yang ketiga ( -2 ) yang artinya metode seleksi obyek yang dipergunakan adalah metode hanya obyek yang tersentuk area pickbox saja yang terpilih alias hanya satu obyek saja,jika obyek itu berdekatan atau saling silang,tetapi jika obyek tersebut bertumpuk maka yang akan terpilih hanyalah obyek yang paling atas saja atau obyek yang paling baru di buat.

Sementara ada dua pilihan pengaturan lagi yang bisa kita pakai untuk sistem variable selectioncycling dalam AutoCAD,berikut penjelasan singkatnya :
  • 0 ( nol ) adalah pengaturan sistem variable selectioncycling untuk mematikan fungsi sistem variable tersebut artinya pengaturan selectioncycling akan kembali seperti awal sama dengan kita memilih -2 ( -2).
  • 1 ( satu ) adalah pengaturan sistem variable dalam selectioncycling yang bertujuan untuk menampilkan indikasi atau tanda bahwa kita sedang melakukan seleksi terhadap obyek yang bertumpuk,saling silang atau berdekatan dengan obyek lain,walaupun obyek yang akan terpilih tetap saja yang kita klik menggunakan pickbox pada kursor AutoCAD,sementara obyek yang lain tidak ikut terpilih.
Mengenal selectioncycling dalam sistem variable AutoCAD.
selectioncycling metode 1

  • 2 ( dua ) adalah pengaturan sistem variable dalam selectioncycling yang bertujuan untuk menampilkan indikasi atau tanda bahwa kita sedang melakukan seleksi terhadap obyek yang bertumpuk,saling silang atau berdekatan dengan obyek lain,tetapi pada metode ini kita akan diberi pilihan obyek mana yang akan kita pilih dari beberapa obyek yang ikut terseleksi oleh pickbox kursor.
AutoCAD Tangerang
selectioncycling metode 2

  • -2 ( minus 2 ) adalah pengaturan sistem variable dalam selectioncycling yang bertujuan untuk tidak menampilkan indikasi atau tanda apapun ketika kita sedang melakukan seleksi terhadap obyek yang bertumpuk,saling silang atau berdekatan dengan obyek lain,sehingga obyek yang akan terpilih oleh pickbox kursor hanya pada tumpukan obyek paling atas saja sementer obyek yang bertumpuk paling bawah tidak ikut terseleksi.
AutoCAD Tangerang
selectioncycling metode -2


Untuk lebih detail dan jelasnya silahkan kunjung chale youtube AutoCAD Tangerang dalam judul selectioncycling dalam AutoCAD.

Nah demikian sekilas tentang selectioncycling dalam AutoCAD,kurang dan lebihnya saya mohon maaf semoga dapat bermanfaat bari para pengguna AutoCAD semua..amiin




bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.