Mengenal Viewport Dalam AutoCAD. - AUTOCAD TANGERANG

Mengenal Viewport Dalam AutoCAD.

Thursday, August 1, 2019

Mengenal Viewport Dalam AutoCAD.

ads

Mengenal Viewport Dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,pernahkah mendengar istilah viewport baik kaitanya dalam dunia AutoCAD maupun viewport dalam software gambar lainya..?

Bagi para pengguna aplikasi gambar bernama 3ds Max atau blender misalnya ketika mengoperasikan aplikasi tersebut maka kita akan disuguhkan tampilan layar yang sudah terbagi menjadi 3 kolom bahkan 4 kolom,sedangkan bagi para pengguna AutoCAD,tampilan yang akan tersaji pada layar monitor hanya satu kolom saja.

Nah kolom kolom area untuk menggambar pada layar monitor tersebutlah yang sering disebut dengan istilah viewport dalam AutoCAD,selanjutnya kita akan coba uraikan secara pelan – pelan tentang viewport dalam AutoCAD tersebut,mulai dari definisi,jenis viewport dan tentu cara membuat viewport dalam AutoCAD.

AutoCAD Tangerang
Tampilan Default 3ds Max

Pengertian viewport dalam AutoCAD.

Viewport Autocad yaitu Area yang digunakan untuk menampilkan bidang kerja sehingga anda dapat melaksanakan aktivitas menggambar (modeling) dengan banyak sekali sudut pandang , viewport ini memiliki luas , sudut pandang dan bentuk area yang sudah di tentukan sebelumnya.

Penentuan jumlah viewport dalam AutoCAD itu sangat tergantung pada pengguna AutoCAD itu sendiri tidak bisa dipaksakan oleh orang lain,karena jumlah viewport yang akan dipilih tergantung pada berapa sudut pandang sebuah obyek yang diperlukan terhadap obyek yang sedang di gambar.

Jika obyek yang di gambar hanya simple dan tidak memerlukan banyak sudut pandang maka kita hanya perlu membuat sudut pandang dengan jumlah sedikit mungkin dua viewport,tapi jika diperlukan maka kita bisa membuat sampai dengan 4 viewport dalam layar kerja AutoCAD.

AutoCAD Tangerang
Tampilan Default AutoCAD

Viewport model dan viewport layout.

Seperti kita ketahui bersama bahwa area kerja pada AutoCAD itu terbagi dalam dua kelompok yakni model dan layout,tentu fungsi dan kegunaan dari area kerja model dan layout itu memiliki perbedaan di samping memiliki keunggulan fungsi masing masing.

Pada lembar kerja model  AutoCAD , default viewport nya  berjumlah satu , berbeda dengan 3Ds Max yang defaultnya berjumlah 3 viewport,tetapi kita dapat merubah jumlah dan bentuk viewport tersebut sesuai dengan yang di ingginkan untuk mempermudah dalam melaksanakan proses gambar.

Ada beberapa pilihan jumlah viewport mulai dari single (default) hingga sebanyak yang anda butuhkan. Selain pemilihan jumlah viewport , ada juga pilihan pengaturan menyerupai susunan viewport dan jenis style  dari viewport tersebut.

sementara viewport pada layout adalah Viewport yang digunakan untuk memunculkan viewport yang berasal dari viewport model , jadi dengan menggunakan viewport ini maka anda dapat memunculkan objek yang berada pada model baik secara partisi maupun secara komplit ( keseluruhan ).

Jadi secara garis besar perbedaan dari viewport model dan viewport layout pada AutoCAD adalah viewport Model seluruh lembar kerja yang tampil pada layar monitor merupakan area kerja yang saling terkait dan menjadi satu kesatuan,sedangkan viewport layout viewport yang kita buat adalah merupakan area kerja yang terkait dengan model,hanya saja tidak terikat hanya terhadap satu obyek saja dengan kata lain viewport layout itu merupakan bab kecil dari layout tersebut.

Pada Lembar kerja Model kita hanya mampu membuat viewoport maksimal 4 sedangkan , anda dapat membuat lebih banyak viewport Jika anda memunculkan objek dari banyak viewport maka anda dapat mencetak/ploting objek tersebut seluruhnya , sedangkan jikalau pada Model , viewport hanya untuk melihat objek dari beberapa viewport saja jadi jikalau anda mencetak anda hanya mencetak dari salahsatu viewport yang dipilih.

AutoCAD Tangerang
Viewport dalam AutoCAD


Nah itu hanya uraian tentang definisi dan perbedaan antara viewport pada model dan viewport pada layout,sementara untuk cara membuat viewport model pada AutoCAD dan viewport layout silahkan kunjungi artikel saya yang selanjutnya :

Tutorial cara membuat viewport dalam AutoCAD.



bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.